PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TABUNGAN DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BTM MENTARI NGUNUT TULUNGAGUNG

dewi, nurmala (2015) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TABUNGAN DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BTM MENTARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MALA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BTM Mentari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Nurmala Dewi, 3223113075, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Muhammad Aswad,MA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tabungan yang berperan menjaga konsumsi masa datang dan bahkan di sepanjang waktu dalam rangka memperoleh tingkat kemakmuran sepanjang hidup. Keuntungan dalam tabungan disebut dengan bagi hasil dimana pada sistem bagi hasil, kinerja bank syariah akan menjadi transparan kepada nasabah, sehingga nasabah bisa memonitor kinerja bank syariah atas jumlah bagi hasil yang diperoleh. Apabila jumlah keuntungan meningkat, maka bagi hasil yang diterima nasabah juga akan meningkat, demikian pula sebaliknya, apabila jumlah keuntungan menurun, bagi hasil ke nasabah juga akan menurun, sehingga semua menjadi adil. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pengetahuan produk tabungan terhadap keputusan menjadi nasabah di BTM Mentari Ngunut Tulungagung ? (2) Apakah ada pengaruh nisbah bagi hasil yang diberikan lembaga terhadap keputusan menjadi nasabah di BTM Mentari Ngunut Tulungagung ? (3) Apakah ada pengaruh pengetahuan produk tabungan dan nisbah bagi hasil masyarakat secara silmutan dalam keputusan menjadi nasabah di BTM Mentari Ngunut Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengetahuan produk dan nisbah bagi hasuil terhadap keputusan menjadi nasabah di BTM Mentari Ngunut Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantiatif dengan jenis analisis asosiatif. penelitian ini menggunakan metode angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pengetahuan produk dan nisbah bagi hasil nasabah yang digunakan sebagai sampel. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, dan sampel. Penelitian ini menggunakan analilsis data dengan regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa, (1) variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di BTM Mentari Ngunut Tulungagung, diketahui bahwa koefisien X1 bernilai posif sebesar + 0.423 dengan nilai signifikansi 0.000, (2) variabel nisbah bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di BTM Mentari Ngunut Tulungagung, dengan nilai + 0.342 dan mempunyai nilai Sig. 0.000, (3) variabel pengetahuan produk dan nisbah bagi hasil terhadap keputusan menjadi nasabah berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menjadi nasabah pada BTM Mentari Ngunut Tulungagung sebesar 54.040 dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Kata Kunci : Pengetahuan Produk Tabungan, Nisbah Bagi Hasil dan Keputusan Menjadi Nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: NURMALA DEWI
Date Deposited: 18 Aug 2015 03:23
Last Modified: 18 Aug 2015 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item View Item