PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

QONI’ MUTHOHHAROH, 17205163038 (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Qoni’ Muthohharoh, NIM 17205163038, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2020, dosen pembimbing: Dr. H. Abd.Aziz, M.Pd. I. NIP. 197206012000031002. Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam, Karakter Konteks penelitian ini didasari adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah membawa berbagai problematika yang terjadi di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Salah satu permasalahan tersebut diantaranya adalah semakin menurunnya karakter peserta didik dalam praktik kehidupannya seperti kenakalan remaja, tindak kejahatan dan kekerasan, serta pergaulan bebas. Sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai agama Islam terhadap peserta didik sejak dini. Sebab dengan pendidikan Islam yang baik akan membentuk karakter peserta didik yang baik pula. Penanaman nilai-nilai agama Islam inilah yang akan membentengi diri peserta didik dalam memilah dan memilih pergaulan, perbuatan, dan tindakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik di dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan agama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai aqidah dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman nilai ubudiyah dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana penanaman nilai akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai aqidah dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai ubudiyah dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, keajekan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Penanaman nilai aqidah dalam pembentukan karakter peserta didik yaitu melalui kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan setiap hari di madrasah seperti membaca asmaul husna, membaca Al-Qur’an, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, sholawat yang dilaksanakan setiap hari sabtu, dan kegiatan tahunan seperti PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). (2) Penanaman nilaiubudiyah dalam pembentukan karakter peserta didik yaitu melalui kegiatan pembiasaan wudhu dan sholat dhuhur berjamaah yang dilaksanakan setiap hari secara bergiliran. (3) Penanaman nilai akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik yaitu melalui kegiatan pembiasaan salam dan mencium tangan ketika bertemu guru, membersihkan lingkungan dengan diadakannya piket kelas setiap pagi, dan juga menaati tata tertib yang telah dibuat dan disepakati bersama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163038 QONI’ MUTHOHHAROH
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:01
Last Modified: 14 Sep 2020 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16510

Actions (login required)

View Item View Item