SARI, EVI NUR INDAH (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover skripsi.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
MOTO 123.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (18kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar lampiran''.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK evi 1 eng.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III 12.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “penerapan metode pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung yang ditulis oleh Evi Nur Indah Sari NIM: 3217113033, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo M.Pd. Kata kunci: Metode Pembelajaran Think Pair and Share, mata pelajaran Fiqih, hasil belajar. Penelitian dalam sekripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah siswa banyak mengalami kesulitan belajar, realitanya di Madrasah Ibtidaiyah siswa sering diberi pembelajaran dengan metode konvensional dimana aktivitas pembelajaran kebanyakan didominasi oleh guru. Dengan metode tersebut siswa menjadi kurang mandiri dan pasif, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan metode belajar yang tepat dan efektif. Metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi ibadah haji. Rumusan masalah : (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Ibadah Haji pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?; (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Fiqih pokok bahasan Ibadah Haji melalui metode Think Pair Share pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode Think Pair Share pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Ibadah Haji pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung; (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Fiqih pokok bahasan Ibadah Haji melalui metode Think Pair Share pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung Manfaat hasil penelitian ini bagi Kepala MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa tentunya kepala madrasah dapat mengambil kebijakan untuk mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada mata pelajaran yang lain. Bagi Guru, diharapkan dapat mempelajari dan memahami agar mampu menerapkan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dalam proses belajar mengajar, juga diharapkan selalu mencoba atau meneliti setiap metode pembelajaran, sehingga metode pembelajaran tersebut sesuai dengan karakteristik siswa serta sesuai dengan materi yang diajarkan. Bagi siswa, diharapkan agar dalam belajar selalu aktif dalam proses pembelajaran dan sering melakukan diskusi atau berkelompok dengan temannya dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Dalam proses pembelajaran siswa juga diharapkan tidak menggantungkan segala sesuatunya pada siswa lain, sehingga hasil belajarnya terus meningkat dan mendapatkan nilai bagus demi menyongsong masa depan yang gemilang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (class action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V pada materi ibadah haji. Prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain: tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencangkup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai KKM 70. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS), akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS), dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Adapun penerapan metode tersebut meliputi: (a) Pra tindakan; (b) Tindakan. Tahap pra tindakan merupakan tahap sebelum dilaksanakannya penelitian dan masih berupa persiapan-persiapan. Tahap tindakan merupakan tahap peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS), meliputi : (1) Penyajian kelas (peneliti menjelaskan materi); (2) Think (pemberian masalah oleh guru yang dilanjutkan dengan siswa memikirkan jawaban yang tepat secara individu); (3) Pair (siswa diminta berpasangan untuk berdiskusi mengutarakan pemikiran masing-masing); (4) Share (berbagi dengan teman sekelas didepan kelas); (5) dan setiap akhir siklus dilakukan post test. Sedangkan untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata 70,62 (68,75%), siklus II dengan nilai rata-rata 89,68 (93,75%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi ibadah haji bagi siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | EVI NURINDAH |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:00 |
Last Modified: | 02 Jul 2015 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1662 |
Actions (login required)
View Item |