AYU DWI LARASATI, 17401163520 (2020) STRATEGI PROMOTION MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KSPPS BMT PETA TRENGGALEK DAN KOPSYAH BMT BERKAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Promotion Mix dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMT PETA Trenggalek dan Kopsyah BMT BERKAH Trenggalek” ini ditulis oleh Ayu Dwi Larasati, NIM 17401163520, 2020. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Nur Aini Latifah, S.E., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan dan semakin pesatnya lembaga keuangan yang ada di Indonesia, hal ini mendorong KSPPS BMT PETA Trenggalek dan Kopsyah BMT BERKAH Trenggalek untuk dapat mempertahankan eksistensi lembaga, dan untuk mempertahankan anggota sekaligus untuk meningkatkan jumlah anggota. Yaitu dengan menerapkan strategi bauran promosi yang terdiri dari 5 variabel: Periklanan, Penjualan Perseorangan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung dalam meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan strategi Promotion Mix dalam upaya meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT PETA Trenggalek dan Kopsyah BMT BERKAH Trenggalek. 2) Apa dampak dari penerapan strategi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT PETA Trenggalek dan Kopsyah BMT BERKAH Trenggalek. 3) Apa kendala dan solusi dari penerapan strategi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT PETA Trenggalek dan Kopsyah BMT BERKAH Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut adalah bahwa 1) Kedua BMT telah menerapkan strategi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah anggota. Kelima strategi tersebut diantaranya, periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. 2) Dampak positif penerapan strategi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah anggota yaitu memudahkan para anggota untuk mengetahui keberadaan BMT. 3) Kendala internal dari penerapan strategi promotion mixyaitu terbatasnya jumlah pegawai yang ada, solusinya dengan menambah jumlah pegawai atau dengan kerjasama team. Sedangkan kendala eksternal dari penerapan strategi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT PETA Trenggalek yaitu saat sulitnya menempuh wilayah yang ranahnya ke pegunungan. Solusinya melakukan promosi ke ranah yang mudah dijangkau terlebih dahulu. Kendala eskternal dari penerapan strategi promotion mix dalam upaya meningkatkan jumlah anggota di Kopsyah BMT BERKAH Trenggalek yaitu saat melakukan promosi pada calon anggota sulit mengenali karakteristik seseorang hanya dengan informasi dari mulut ke mulut. Solusinya melakukan survey langsung ke pihak yang dituju. Kata Kunci: Strategi Bauran Promosi (Promotion Mix), Meningkatkan Jumlah Anggota, BMT.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401163520 Ayu Dwi Larasati |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 02:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16774 |
Actions (login required)
View Item |