PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK SKRIPSI

FITRI DYAH AYU PANGESTU, 17201163212 (2020) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK SKRIPSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitri Dyah Ayu Pangestu, 17201163212, 2020 “Pengaruh Media Sosial dan Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek.” Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Media Sosial, Teknologi Informasi, Kecerdasan Spiritual. Media sosial adalah medium di internet yang memungkinkan pengguna mempresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain, dan membentuk ikatan sosial secara virtual. Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan tertinggi pada manusia yang melingkupi seluruh kecerdasan yang ada pada manusia. Tujuan penelitian 1) Untuk menjelaskan pengaruh media sosial terhadap kecerdasan spiritual peserta didik kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2) Untuk menjelaskan pengaruh teknologi informasi terhadap kecerdasan spiritual peserta didik kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 3) Untuk menjelaskan pengaruh media sosial dan teknologi informasi terhadap kecerdasanspiritual peserta didik kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto (korelasional). Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 50 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji T dan uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek tahun 2019/2020, ditunjukkan melalui uji T yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05 dan nilai thitung 2.005. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek tahun 2019/2020, ditunjukkan melalui uji T yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,207 > 0,05 dan nilai thitung 0,824. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial dan teknologi informasi terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek tahun 2019/2020, ditunjukkan melalui uji F yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai Fhitung 6.849.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163212 FITRI DYAH AYU PANGESTU
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:09
Last Modified: 05 Oct 2020 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16799

Actions (login required)

View Item View Item