UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN POLA KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK TULUNGAGUNG

AHMAD MISBACHUL MUNIR, 17205163322 (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN POLA KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Misbachul Munir, NIM 17205163322, di bimbing oleh Bapak H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata Kunci : Upaya guru, pola komunikasi, dan proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya guru dalam meningkatkan pola komunikasi dalam proses pembelajaran. Hal ini, peneliti menghubungkan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan pola komunikasi dalam proses pembelajaran di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pola komunikasi satu arah dalam proses pembelajaran di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung?, (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pola komunikasi dua arah dalam proses pembelajaran di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung?, (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pola komunikasi multi arah dalam proses pembelajaran di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan terkait upaya guru dalam meningkatkan pola komunikasi dalam proses pembelajaran, yang meliputi pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara semi tersetruktur dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola komunikasi satu arah merupakan pola komunikasi dimana guru lebih dominan dalam menjelaskan materi pada pelaksanaan pembelajaran. Upaya guru MI Al Hidayah 02 Betak dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pola komunikasi dengan menjelaskan materi sebanyak mungkin kepada siswa. Adapun, metode yang digunakan ialah metode ceramah. Kelebihan dari pola komunikasi satu arah ini akan menyingkat waktu lebih cepat dan efisien. Sedangkan kekurangan dari pola komunikasi satu arah ini guru tidak dapat menegtahui apakah siswa faham dengan materi yang dijelaskan oleh guru. (2) Pola komunikasi dua arah dalam proses pembelajaran ialah komunikasi tatap muka antara guru dan siswa. Adapun peran guru MI Al Hidayah 02 Betak untuk meningkatkan pola komunikasi dua arah dengan cara memberikan stimulus, mentransfer ilmu dan saling berhubungan timbal balik mengenai materi yang disampaikan. Metode yang digunakan ialah metode tanya jawab. Kelebihan dari pola komunikasi dua arah ini siswa dapat berperan aktif pada proses pembelajaran. Sedangkan kekurangannya informasi atau materi yang disampaikan lebih sedikit, dikarenakan banyakanya tanya jawab, sehingga memerlukan waktu yang cukup banyak. (3) Pola komunikasi multi arahdalam proses pembelajaran ialah, dimana anatara guru dan siswa dapat melangsungkan timbal baik, dan siswa dapat berperan secara aktif. Peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan pola komunikasi multi arah dengan cara mengajak siswa untuk berdiskusi dengan menggunakan metode pembelajaran berkelompok. Kelebihan dari pola komunikasi multi arah ini semua siswa dapat berperan aktif dan bisa menyampaikan gagasannya. Sedangkan kekurannya, perlu waktu yang cukup lama dalam menerapkan pola komunikasi multi arah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163322 AHMAD MISBACHUL MUNIR
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:33
Last Modified: 12 Oct 2020 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item View Item