VICHO ARISANTOSO, 17210153001 (2020) IMPLEMENTASI NILAI MORAL DALAM TEKS DRAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Vicho Arisantoso. 17210153001. 2019. Implementasi Nilai Moral dalam Teks Drama pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd., NIP. 19660201 200701 1 002. Kata kunci: implementasi nilai moral, pembelajaran teks drama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang akhir-akhir ini teijadi pada generasi muda akibat lemahnya moral atau karakter yang dimilikinya. Masalah moralitas masyarakat Indonesia baik itu remaja maupun dewasa, sekarang sudah menjadi problema umum. Faktor yang menyebabkan lemahnya moral pada generasi muda yaitu lemahnya mental dari generasi bangsa yang terbentuk sejak dini, minimnya keimanan dan ketakwaan dalam diri, perkembangan teknologi, hilangnya rasa tanggung jawab, dan pengaruh lingkungan. Oleh karena itu, pendidikan nilai moral sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya yaitu melalui pendidikan Bahasa Indonesia khususnya di bidang sastra. Pembelajaran sastra sangat cocok digunakan dalam mengimplementasikan pendidikan nilai moral contohnya pada materi teks drama. Pembelajaran sastra pada drama merupakan salah satu pembelajaran dalam Bahasa Indonesia yang menuntut peserta didik untuk memainkan peran. Selain itu siswa akan mendapat gambaran sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita dan siswa juga akan mendapatkan amanat di akhir cerita. Amanat dari setiap cerita tersebut sangat baik untuk menanamkan atau mempertahankan moral siswa menjadi lebih baik. Hal inilah yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Nilai Moral dalam Teks Drama pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud nilai moral dalam teks drama pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII dan untuk mendeskripsikan implementasi nilai moral dalam teks drama pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Objek pada penelitian ini yaitu implementasi nilai moral dalam teks drama pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Data dalam penelitian ini yaitu berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (guru Bahasa Indonesia Kelas VIII, proses pembelajaran di dalam kelas, dan RPP yang digunakan guru dalam mengajar) dan data sekunder (buku-buku yang berisi tentang pendidikan nilai moral). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara tidak terstruktur, obeservasi di dalam kelas, dan dokumentasi RPP. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan meliputi uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pralapangan, tahap pekeijaan lapangan, tahap analisis data, serta tahap pelaporan hasil penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini sebagai berikut. (1) Wujud nilai moral dalam teks drama pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII. Pertama, nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan dirinya sendiri yaitu raj in, introspeksi diri, pantang menyerah, keija keras, kesadaran, mandiri, pemberani, rasa ingin tahu, bertekad kuat, berpikir kritis, optimis, berkomitmen, dan sabar. Kedua, nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan sesama manusia yaitu kasih sayang, toleransi, kepedulian, patuh, keija sama, suka menolong, santun, kejujuran, pemaaf, dan mudah bergaul dan bersahabat. Ketiga, nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan Tuhan yaitu bersyukur. Keempat, nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan alam sekitamya yaitu menghargai alam. (2) Implementasi nilai moral dalam teks drama pada proses pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung, dilakukan melalui beberapa tahapan meliputi: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) penilaian. Pada tahap perencanaan, RPP yang dibuat oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut sudah memuat berbagai nilai-nilai moral dalam RPPnya. Guru sudah mengimplementasikan dengan baik pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui pembelajaran drama di Kelas VIII. Pada pelaksanaan, implementasi pendidikan nilai moral dilakukan melalui pembudayaan sekolah dan pembelajaran sekolah. Pada penilaian, yang berkewajiban untuk menentukan nilai sikap (moral) adalah guru PKn dan guru Agama. Sedangkan guru Bahasa dan Sastra Indonesia dan guru lainnya bisa menyetorkan nilai moral dari siswa sebagai pertimbangan memberikan penilaian moral dari siswa itu sendiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210153001 VICHO ARISANTOSO |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 04:05 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 04:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16857 |
Actions (login required)
View Item |