PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN KONSEP SEGITIGA KELAS VII SEMESTER 2

RUDI, HARTONO (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN KONSEP SEGITIGA KELAS VII SEMESTER 2. [ Skripsi ]

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Rudi Hartono, 3214113147, 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Project Based Learning (PjBL) sebagai Upaya Meningkatan Kemampuan Siswa dalam Menemukan Konsep Segitiga Kelas VII Semester 2”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Sutopo, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Buku Kerja Siswa (BKS), Konsep Segitiga Penelitian pengembangan merupakan jenis penelitian yang dianggap masih baru dalam dunia pendidikan dibandingkan dengan jenis penelitian lainnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk yang berguna bagi dunia pendidikan. Tak lepas dari itu produk yang bermanfaat haruslah dapat mencakup dan mengemas serta dijangkau oleh semua kalangan. Buku kerja siswa merupakan produk bahan ajar cetak yang bisa dipakai oleh semua kalangan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Tentu dalam penelitian pengembangan ini produk yang dihasilkan berbeda dengan yang ada di pasaran, ciri khusus yang dipakai dalam buku ini adalah model Project Based Learning (PjBL) atau model pembelajaran berbasis proyek (PBP), PjBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang juga sering disebut dengan MPBP juga dapat didefinisikan sebagai model pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui kegiatan penelitian untuk mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek pembelajaran tertentu. Materi yang akan dipelajari dengan model pembelajaran PjBL adalah segitiga. Model pembelajaran PjBL diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menemukan dan mempelajari konsep segitiga. Segitiga merupakan konsep yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tak bisa dipungkiri bahwa dalam tempat tinggal kita tidak sedikit rancangan model yang menggunakan konsep segitiga. Sedemikian hingga produk ini memuat konsep segitiga dengan menggunakan siklus Borg & Gall yakni meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information colleting), (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draft produk (develop preliminary form of product), (4) uji coba lapangan (preliminary field testing), (5) penyempurnaan produk awal (main product revision), (6) uji coba lapangan (main field testing), (7) menyempurnakan produk hasil uji lapangan (operational product revision), (8) uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing), (9) penyempurnaan produk akhir (final product revision), dan (10) diseminasi dan implementasi (disemination and implementation). Siklus tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan buku kerja siswa dengan beberapa modifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa buku kerja siswa matematika kelas VII semester 2 dengan pendekatan model pembelajaran project based learning (PjBL), selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan produk buku kerja siswa tersebut terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan konsep segitiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R & D (Research and Development) atau biasa juga disebut dengan penelitian pengembangan. Pengambilan data utama untuk mengetahui keberhasilan produk menggunakan post test. Post test diberikan setelah produk selesai diterapkan. Dari hasil tes kemudian dilakukan uji perbandingan dua kelompok bebas yakni menggunakan uji independent t-test. Hasil uji independent t-test secara manual menghasilkan thitung = 3,0686 dengan db = 40 sedangkan ttabel = 1,684 pada signifikansi 5% dan 2,423 pada taraf signifikansi 1%, dengan demikian nilai thitung lebih dari ttabel baik pada selang kepercayaan 95% maupun 99%. Hal itu senada dengan hasil uji t-test dengan menggunakan uji SPSS 16.0 yang menunjukkan taraf signifikansi 0,005 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan antar kelas kontrol dan kelas tindakan. Sedangkan nilai rata-rata post test kelas penerapan BKS memperoleh skor rata-rata 78,7. Hal ini lebih baik 9,52 daripada kelas kontrol yakni 69,18. Dari analisis dan perbandingan diperoleh kesimpulan akhir bahwa BKS berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menemukan konsep segitiga. Selain itu produk pengembangan BKS matematika dengan model pendekatan PjBL untuk kelas VII semester 2 merupakan produk pengembangan yang valid dan efektif. Ini terbukti dari hasil penelitian pengembang di SMPN 3 Srengat bahwa BKS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan konsep segitiga kelas VII-G SMPN 3 Srengat Blitar tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: rudi hartono
Date Deposited: 10 Aug 2015 03:59
Last Modified: 10 Aug 2015 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item