PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ELEKTRONIK LEARNING (E-LEARNING) MATERI POKOK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG

PARAMASANTI, YESSI VILICIA (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ELEKTRONIK LEARNING (E-LEARNING) MATERI POKOK BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I_YESSI VILICIA PARAMASANTI_3214113174.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YESSI VILICIA PARAMASANTI_3214113174.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_YESSI VILICIA PARAMASANTI_3214113174.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV_YESSI VILICIA PARAMASANTI_3214113174.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_YESSI VILICIA PARAMASANTI_3214113174.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dan kata pengantar_YESSI VILICIA PARAMASANTI_3214113174.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN_YESSI VILICIA PARAMASANTI_3214113174.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Paramasanti, Yessi Vilicia. NIM. 3214113174. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Elektronik Learning (E-Learning) Materi Pokok Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung. Yang dibimbing oleh: Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci: modul matematika, e-learning, bangun datar, hasil belajar. Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar, hal itu dikarenakan media dan sumber belajar siswa yang kurang menarik sehingga mengakibatkan kurangnya minat siswa untuk belajar. Disamping itu materi bangun datar adalah materi yang dianggap sulit oleh siswa, walaupun materi bangun datar ini sudah ditempuh oleh siswa sejak dibangku SD. Siswa merasa kesulitan ketika mengerjakan soal-soal dan mengaplikasikan rumus ke soal tersebut. Akibatnya hasil belajar siswa yang didapatkan tidak maksimal. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul pembelajaran matematika berbasis e-learning materi pokok bangu datar untuk siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang yang sesuai standar isi dan memenuhi pedoman pengembangan modul. Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis e-learning ini menggunakan model yang dikembangkan dan diadobsi dari Bord and Gall. Prosedur pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis e-learning ini melalui tahap-tahap yaitu:(1) tahap penelitian dan pengumpulan data informasi awal, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan format produk awal, (4) tahap uji coba awal, (5) tahap revisi produk awal, (6) tahap uji coba lapangan, (7) tahap revisi produk hasil uji lapangan, (8) tahap uji pelaksanaan lapangan, (9) tahap revisi produk hasil akhir, dan (10) tahap diseminasi dan implementasi.Modul ini di validasi oleh 3 validator yaitu 2 orang dosen matematika dan 1 orang guru MTs Assyafi’iyah Gondang yang mengampu pelajaran matematika. Materi yang dibahas dalam produk pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis e-learning ini adalah bangun datar untuk tingkat SMP/MTs kelas VII semester genap. Modul pembelajaran matematika ini terdiri dari beberapa slide materi, latihan soal, uji kompetensi sesuai dengan standar kompetensi dan indikator yang harus dicapai oleh siswa.Berdasarkan validasi modul pembelajaran matematika berbasis e-learning pada materi bangun datar yang dikembangkan secara keseluruhan diperoleh persentase (P) total sebesar 82,3 % dengan kriteria valid (tidak perlu revisi). Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai modul untuk membantu siswa belajar. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 61,1dan kelas eksperimen sebesar 72,3dengan nilai t-hitung (t_h) sebesar 2,806, t-hitung (t_h) dibandingkan dengan t-tabel (t_(t )) dengan db=52 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar 2,000. Maka dapat dibandingkan t_h=2,806>t_t=2,000, t-hitung (t_h) lebih besar darit-tabel (t_(t )) dan sedangkan berdasarkan sig.(2-tiled) diperoleh nilai sebesar0,007<0,05yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang dibandingkan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran yang menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis e-learning pada materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa, yaitu siswa yang diberi pengajaran dengan modul pembelajaran matematika berbasis e-learning nilai rata-ratanya lebih tinggi dari pada siswa yang tidak diberi pengajaran dengan modul pembelajaran matematika berbasis e-learning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: YESSI VILICIA PARAMASANTI
Date Deposited: 21 Sep 2015 03:35
Last Modified: 21 Sep 2015 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item