PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAFASAN KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK

WAHYUNI RISALATUL AZMAH, 17208163110 (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAFASAN KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul pengembangan perangkat pembelajaran berbasis literasi sains pada pokok bahasan sistem pernafasan kelas XI MAN 1 Trenggalek ini ditulis oleh Wahyuni Risalatul Azmah, NIM 17208163110 dengan dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Literasi Sains, Sistem Pernafasan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam hal literasi sains yang dipengaruhi kurangnya penggalian pengetahuan serta perangkat pembelajaran yang tidak sesuai. Literasi sains saat ini ditekankan kepada peserta didik dalam hal analisis ilmiah dan masih banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memeccahkan analisis ilmiah secara sains. Mengetahui masalah tersebut, peneliti menghubungkan dengan ketersediaan perangkat pembelajaran yang berbasis literasi sains yang dapat membantu peserta didik dalam memaksimalkan proses dan hasil belajar. Peneliti mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis literasi sains untuk membantu peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis literasi sains? 2) Bagaimana tingkat validitas perangkat pembelajaran berbasis literasi sains pada pokok bahasan sistem pernafasan di kelas XI MAN 1 Trenggalek? 3) Bagaimana tingkat efektifitas perangkat pembelajaran berbasis literasi sains pada pokok bahasan sistem pernafasan di kelas XI MAN 1 Trenggalek. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan 4D Thiagarajan dengan tahapan berikut 1.) tahap pendefinisian (define), 2.) tahap perancangan (design), 3.) tahap pengembangan (develop), 4.) tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Proses penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). 2) Berdasarkah hasil validasi oleh para validator menujukkan perangkat yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid dan layak digunakan dengan rincian berikut RPP sebesar 83,4%, soal sebesar 82%, angket sikap sains sebesar 86,6%, petunjuk praktikum sebesar 83,3%, latihan soal sebesar 90% dan materi sebesar 92%. 3) Berdasarkan uji coba keefektifan produk dengan menerapkan perangkat pembelajaran berbasis literasi sains pada aspek kognitif diperoleh hasil rata-rata ketuntasan belajar peserta didik sebesar 71% dari 28, dengan signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05, aspek afektif diperoleh 0,019 lebih kecil dari 0,05 dan aspek psikomotorik diperoleh signifikasi 0,00 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajara berbasis literasi sain yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163110 WAHYUNI RISALATUL AZMAH
Date Deposited: 23 Oct 2020 06:49
Last Modified: 23 Oct 2020 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17059

Actions (login required)

View Item View Item