AYU DWI OKTAVIA, 17207163027 (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (860kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (623kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (519kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di SMK PGRI 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Ayu Dwi Oktavia, NIM. 17207163027, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah Mengembangkan Profesionalisme Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru. Karena keberhasilan sebuah lembaga dalam menyelenggarakan pendidikan tidak terlepas dari keprofesionalisme dari seorang guru. Dengan adanya peran kepala sekolah yang diharapkan mampu mengembangkan keprofesionalisme guru yang berkualitas dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal inilah yang mengantarkan peneliti kepada judul Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMK PGRI 1 Tulungagung? (2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMK PGRI 1 Tulungagung? (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMK PGRI 1 Tulungagung? Kajian dan pembahasan skripsi bertujuan untuk: (1) Untuk memaparkan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMK PGRI 1 Tulungagung, (2) Untuk memaparkan peran kepala sekolah sebagai motivator dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMK PGRI 1 Tulungagung, (3) Untuk memaparkan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMK PGRI 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, jenis penelitiannya adalah diskritif study kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perannya sebagai manajer, kepala sekolah SMK PGRI 1 Tulungagung mengembangkan profesionalisme gurunya dengan menggunakan empat strategi yaitu mengintensifkan rapat, pengefektifan MGMP, pengintensifan guru dalam penggunaan IT, dan pemanfaatan tata tertib guru. Sedangkan dalam perannya sebagai motivator, dalam mengembangkan profesionalisme gurunya kepala sekolah SMK PGRI 1 Tulungagung memberikan stimulus seperti: (1) Memberikan tunjangan atau bonus kepada guru yang mengembangkan kompetensinya dan memiliki etika baik dalam bekerja (2) Memberikan fasilitas dan lingkungan yang asri dan nyaman bagi guru Dalam perannya sebagai supervisor kepala sekolah SMK PGRI 1 Tulungagung untuk mengembangkan profesionalisme gurunya, ada dua cara yang digunakan yaitu secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dengan berkeliling mengunjungi kelas-kelas dan secara tidak langsung dengan meninjau dari CCTV, checkclock, dan absensi guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163027 AYU DWI OKTAVIA |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 03:39 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17090 |
Actions (login required)
View Item |