KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN SPLDV BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FITRI ALFADHILAH, 17204163089 (2020) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN SPLDV BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (733kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (289kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Gaya Kognitif Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Fitri Alfadhilah, NIM 17204163089, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Newman Error Analysis (NEA), Gaya Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa siswa yang mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal cerita pada materi SPLDV. Peranan guru sangat penting dalam menentukan metode yang sesuai dalam sebuah pembelajaran. Selain dari pembelajaran guru, juga dipengaruhi oleh karakteristik siswa yang disebut dengan gaya kognitif. Gaya kognitif terdiri dari dua macam yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Jenis kesalahan siswa gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan SPLDV, (2) Penyebab kesalahan siswa gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan SPLDV, (3) Solusi kesalahan siswa gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan wawancara. Lokasi penelitian terletak di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh: (1) jenis kesalahan siswa gaya kognitif field independent (FI) cenderung pada tahap process skill dan encoding. Sedangkan siswa gaya kognitif field dependent (FD) cenderung pada tahap comprehension, transformation, process skill, dan encoding. (2) Penyebab kesalahan siswa gaya kognitif field independent (FI) yaitu kurang teliti, tidak menuliskan penyelesaian secara sistematis, tergesa-gesa, dan akibat kesalahan sebelumnya. Sedangkan siswa gaya kognitif field dependent (FD) yaitu kurang teliti, tidak menuliskan penyelesaian secara sistematis, tidak memahami soal, tidak menguasai materi, tergesa-gesa, dan akibat kesalahan sebelumnya. (3) Solusi untuk siswa gaya kognitif field independent (FI) yaitu meningkatkan kemampuan berhitung, membiasakan menuliskan jawaban secara lengkap, berlatih menyelesaikan soal-soal khusunya berbentuk soal cerita, memperhatikan manajemen waktu. Sedangkan siswa gaya kognitif field dependent (FD) yaitu meningkatkan kemampuan berhitung, meningkatkan penguasaan materi, membiasakan untuk menuliskan jawaban secara lengkap, berlatih menyelesaikan soal-soal khususnya berbentuk soal cerita, memperhatikan manajemen waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163089 FITRI ALFADHILAH
Date Deposited: 30 Nov 2020 01:34
Last Modified: 30 Nov 2020 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17167

Actions (login required)

View Item View Item