PROFIL PEMAHAMAN BERDASAR TAKSONOMI BLOOM SISWA KELAS XI IPA MA PEMBANGUNAN PACITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SUKU BANYAK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK

Muniroh, Afidatul (2015) PROFIL PEMAHAMAN BERDASAR TAKSONOMI BLOOM SISWA KELAS XI IPA MA PEMBANGUNAN PACITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SUKU BANYAK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK. [ Skripsi ]

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Pemahaman Berdasar Taksonomi Bloom Siswa Kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Suku Banyak Ditinjau dari Kemampuan Akademik” ini ditulis oleh Afidatul Muniroh, NIM. 3214113001, Jurusan TMT Fakultas FTIK, IAIN Tulungagung, dengan dosen pembimbing Maryono, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan di MA Pembangunan Pacitan tahun ajaran 2014/2015. Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa, sedangkan pemahaman adalah hal mendasar yang harus dimiliki siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti mengukur pemahaman siswa kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan menggunakan level-level pada Taksonomi Bloom. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (a) bagaimana pemahaman siswa kelompok kemampuan akademik tinggi kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam menyelesaikan soal Matematika materi Suku Banyak berdasarkan Taksonomi Bloom? (b) bagaimana pemahaman siswa kelompok kemampuan akademik sedang kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam menyelesaikan soal Matematika materi Suku Banyak berdasarkan Taksonomi Bloom? (c) bagaimana pemahaman siswa kelompok kemampuan akademik rendah kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam menyelesaikan soal Matematika materi Suku Banyak berdasarkan Taksonomi Bloom? Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelompok kemampuan akademik tinggi kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam menyelesaikan soal Matematika materi Suku Banyak berdasarkan Taksonomi Bloom, (b) untuk mendeskripskan pemahaman siswa kelompok kemampuan akademik sedang kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam menyelesaikan soal Matematika materi Suku Banyak berdasarkan Taksonomi Bloom, (c) untuk mendeskripsikan pemahaman siswa kelompok kemampuan akademik rendah kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan dalam menyelesaikan soal Matematika materi Suku Banyak berdasarkan Taksonomi Bloom. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MA Pembangunan Pacitan, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan pemahaman siswa. Bagi siswa kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan sebagai alat ukur pemahaman yang nantinya sangat berguna untuk meningkatkan taraf berpikir siswa. Bagi pembaca/peneliti lain sebagai bahan referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode tes tulis, wawancara dan observasi. Pemilihan subjek berdasarkan purposive sampling yaitu pendapat guru, bahwa siswa dibagi menjadi 3 kelompok kemampuan akademik, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Taksonomi Bloom pemahaman siswa kelas XI IPA MA Pembangunan kelompok kemampuan akademik tinggi berada pada level aplikasi, siswa kelompok kemampuan akademik sedang berada pada level aplikasi, dan siswa kelompok kemampuan akademik rendah berada pada level pengetahuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Afidatul Muniroh
Date Deposited: 10 Aug 2015 02:05
Last Modified: 10 Aug 2015 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item