UMI SULAIM RUFAIDA, 17508164031 (2020) STRATEGI PEMASARAN ASURANSI SYARIAH DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Multisitus Bumiputera Syariah Tulungagung dan Prudential Syariah Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rufaida, Umi Sulaim. NIM. 17508164031. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah di Kabupaten Tulungagung (Studi Multisitus Bumi Putera Syariah Tulungagung dan Prudential Syariah Tulungagung). Tesis. Ekonomi Syariah. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Saifudin Zuhri, M. Ag dan Dr. H. Dede Nurohman, M. Ag. Kata Kunci: strategi pemasaran, asuransi syariah Banyak aspek penting yang menjadi bahan perhatian dari para marketer terkait dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi Negara Muslim, salah satunya dalam hal strategi pemasaran. Munculnya banyak lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah merupakan bukti diterimanya dengan baik sistem ekonomi syariah di tengah masyarakat, salah satunya yaitu asuransi syariah. Dimana beberapa tahun lalu, asuransi syariah belum banyak diminati, namun 5 tahun belakangan ini terus mengalami pertumbuhan. Untuk itu, penelitian ini mengangkat tema strategi pemasaran asuransi syariah dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan asuransi syariah sehingga mengalami pertumbuhan yang signifikan dewasa ini. Fokus dan pertanyaan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Pemasaran Bumiputera Syariah Tulungagung? 2) Bagaimana Strategi Pemasaran Prudential Syariah Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus, dengan menggunakan deep interview sebagai instrumen utama penelitian, sedangkan observasi dan dokumentasi sebagai instrumen tambahan/pendukung. Data-data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif, kemudian penulis memaparkan data secara deskriptif. Sumber data utama adalah data primer yang didukung dengan data sekunder. Hasil dari penelitian ini, Pertama; Secara umum kedua perusahaan belum memenuhi beberapa aspek dari 3 paradigma strategi pemasaran syariah. Kedua; Bumiputera Syariah Tulungagung tidak menerapkan proses segmentasi perilaku, targeting, dan tidak memiliki bauran promosi yang sesuai dengan zaman. Ketiga; Prudential Syariah Tulungagung tidak menerapkan proses segmenting secara mutlak. Orientasinya adalah need dan want nasabah. Keempat; Faktor pendorong penerapan strategi pemasaran syariah di Tulungagung; motivasi kuat dari diri sendiri, edukasi kepada masyarakat sehingga terciptanya kesadaran masyarakat akan asuransi syariah, sistem dan manajemen yang bagus, jenjang karir yang jelas, adanya reward, adanya pertemuan/ seminar motivasi, upgrade produk yang sesuai dengan trend. Kelima; Faktor penghambat penerapan strategi pemasaran syariah di Tulungagung; Faktor internal dari masing-masing agen, kurangnya kesadaran sebagian masyarakat, buruknya sistem dan manajemen, kurangnya inovasi untuk perkembangan produk. Keenam; Solusi untuk mengatasi faktor penghambat penerapan strategi pemasaran syariah di Tulungagung; Diadakannya penambahan skill melalui pertemuan/ seminar motivasi, memperbaiki sistem manajemen, reward untuk kinerja agen, sosialisasi dan edukasi nasabah tentang pentingnya asuransi syariah serta manfaat dari produk asuransi syariah.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17508164031 UMI SULAIM RUFAIDA |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 07:51 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 07:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17229 |
Actions (login required)
View Item |