Khusniyah, Anisa Ida (2014) Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Muraja’ah Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
SKRIPSI ANISA IDA KHUSNIYAH 2014 IAIN TULUNGAGUNG PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Muraja’ah. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah:1) Proses menghafal Al-Qur’an Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung. 2) penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung. 3) Hasil menghafal Al-Qur’an dengan penerapan metode muraja’ah Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al Ikhlash Karangrejo Tulungagung. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui Proses menghafal Al-Qur’an Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung. 2) Untuk mengetahui penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al- Qur’an Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung. 3) Untuk mengetahui Hasil menghafal Al-Qur’an dengan penerapan metode muraja’ah Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi pemimpin yayasan agar bisa menjadi acuan untuk mengambil kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas hafalan santri terutama dilingkungan pesantren yang di pimpin, bagi Ustadz/Ustadzah sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajaran yang lebih baik bagi calon hafidzah sehingga hafalan Al-Qur’an akan semakin efektif, bagi peneliti yang akan datang diharapkan bisa menjadi pijakan dalam perumusan desain penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan lebih komprehensif khususnya yang berkenaan dengan penelitian mengenai pengembangan metode muraja’ah dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, confirmability, transferability, dan dependenbility. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Proses menghafal Al-Qur’an Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung. yaitu dengan menggunakan sistem One Day One Ayah (1 hari 1 ayat) dan lagu tartil. Dimana seorang Ustadz/Ustadzah membacakan ayat sesuai lagu tartilnya yang akan dihafal oleh santri, selanjutnya santri menirukan sampai benar makhraj maupun tajwidnya yang didengar dan ditashhih oleh Ustadz/Ustadzah. Didalam proses menghafal Al-Qur’an tentunya harus ada niat yang ikhlas, meminta izin kepada orang tua, mempunyai tekad yang besar dan kuat, istiqomah, dan lancar membaca Al-Qur’an. 2) penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash Karangrejo Tulungagung yaitu dengan ditunjang beberapa kegiatan muraja’ah hafalan antara lain adalah Setoran (memuraja’ah) hafalan baru kepada Guru (Ustadz/Ustadzah, Muraja’ah hafalan lama yang disemakkan teman dengan berhadapan dua orang dua orang, Muraja’ah hafalan lama kepada Ustadz/Ustadzah, Al-Imtihan Fii Muraja’atil Muhafadlah (ujian mengulang hafalan. Didalam penerapan sebuah metode yang digunakan yaitu muraja’ah hafalan Al- Qur’an santri tentunya terdapat faktor penghambat pelaksanaan penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an Santri di Rumah Tahfidz Al Ikhlash Karangrejo Tulungagung, yaitu: ayat-ayat yang sudah hafal lupa lagi, malas, kecapekan, dan tempat xxi kurang mendukung. Solusi dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan penerapan metode muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an Santri di Rumah Tahfidz Al Ikhlash Karangrejo Tulungagung, yaitu selalu istiqamah memuraja’ah (mengulang) hafalan, memotivasi diri sendiri, manajemen waktu dan memilih tempat baik tempat menghafal maupun tempat memuraja’ah hafalan Al-Qur’an. 3) Hasil menghafal Al-Qur’an dengan penerapan metode muraja’ah Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al Ikhlash Karangrejo Tulungagung yaitu dengan proses menghafal Al-Qur’an menggunakan One Day One Ayah dan lagu tartil, maka hafalan santri tambah lebih baik dan benar.Sedangkan dari beberapa kegiatan muraja’ah yang dilaksanakan di Rumah Tahfidz Al-Ikhlash, maka hafalan santri akan semakin terjaga, lancar, baik dan benar dari segi makhraj dan tajwidnya dan santri mampu melakukan ujian muraja’ah dengan penuh semangat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 01:53 |
Last Modified: | 17 Nov 2014 01:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/173 |
Actions (login required)
View Item |