Ngainun Naim, 197507192003121002 (2018) DERADICALIZATION THROUGH ISLAMIC EDUCATION AT STATE INSTITUTE FOR ISLAMIC STUDIES (IAIN) TULUNGAGUNG. Madania, 22 (2). pp. 211-224. ISSN 2502-1826
|
Text
MADANIA.pdf Download (487kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini bertujuan menjelaskan tentang peran pendidikan Islam sebagai strategi deradikalisasi. Fenomena Islam radikal yang semakin semarak telah menimbulkan keresahan di masyarakat secara luas. Jika tidak dilakukan berbagai upaya antisipasi, dikhawatirkan ideologi Islam radikal akan semakin berkembang luas dan menimbulkan berbagai implikasi negatif dalam kehidupan masyarakat. Deradikalisasi merupakan langkah penting untuk mendeteksi, menetralisir, dan mengembalikan pemahaman keberagamaan dari radikal menjadi moderat. Kesimpulan tulisan ini menunjukkan bahwa program deradikalisasi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulung Agung dilakukan dengan tujuh model, yaitu Pertama, menghadirkan narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Kedua,Mengembangkan sistem Madrasah Diniyah (Madin). Ketiga, membentengi masuknya Islam radikal melalui aturan. Keempat, mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan pemahaman dan penyebaran Islam moderat. Kelima, memanfaatkan setiap kesempatan yang memungkinkan untuk menjelaskan pentingnya Islam moderat. Keenam, mengoptimalisasikan kearifan lokal. Ketujuh, menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung program deradikalisasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Filosofi Sosiologi Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Filsafat Agama |
Depositing User: | Dr Ngainun Naim |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:55 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 04:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17387 |
Actions (login required)
View Item |