INTAN AYU MAHARANI, 17204163134 (2020) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Ayu Maharani, NIM. 17204163134, 2020, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Literasi Matematika, Gaya Kognitif, Soal PISA Kemampuan literasi matematika bagi siswa merupakan hal yang penting, dikarenakan siswa di sekolah semakin sering dihadapkan dengan banyak persoalan yang melibatkan penalaran, penerapan, dan menginterpretasikan matematika pada beragam konteks dan situasi masalah di kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat bantu matematika untuk mendeskripsikan atau memprediksi fenomena. Oleh karena itu, siswa perlu latihan-latihan berupa soal PISA yang sudah sesuai dengan kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematika setiap siswa tidak sama karena dipengaruhi gaya kognitif siswa yang berbeda, diantaranya gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa bergaya kognitif reflektif kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung, 2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa bergaya kognitif impulsif kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII-3 dengan 2 siswa gaya kognitif reflektif dan 2 siswa gaya kognitif impulsif. Penentuan subjek berdasarkan hasil tes gaya kognitif. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) tes, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya kognitif reflektif sudah mampu untuk menyelesaikan soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan baik. Pada soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 6 masih kesulitan untuk menyelesaikan sehingga dapat diketahui bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif berada pada level 5 kemampuan literasi matematika, 2) kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya kognitif impulsif sudah mampu untuk menyelesaikan soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 1, 2, 3, dan 4 dengan baik. Sedangkan soal dengan level 5, salah satu siswa mampu untuk menyelesaikan dengan baik. Pada soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 6 masih kesulitan untuk menyelesaikan sehingga dapat diketahui bahwa siswa dengan gaya kognitif impulsif berada pada level 4 dan 5 kemampuan literasi matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163134 INTAN AYU MAHARANI |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 04:30 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 04:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17447 |
Actions (login required)
View Item |