PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BALOK DENGAN TEORI BRUNER DI KELAS V SLB B NGUDI HAYU TOGOGAN SRENGAT BLITAR

FATILA, MAHENI NUR (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BALOK DENGAN TEORI BRUNER DI KELAS V SLB B NGUDI HAYU TOGOGAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maheni Nur Fatila, 3214113105, 2015. “Pembelajaran Matematika Pada Materi Balok Dengan Teori Bruner di Kelas V SLB B Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar”.Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Balok, Teori Bruner. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran yang dilakukan dalam matematika.Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Untuk mendiskripsikan pembelajaran matematika pada materi balok dengan teori Bruner di kelas V SLB B Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan strategi siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada materi balok dengan teori Bruner di kelas V SLB B Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan jawaban tertulis siswa dan hasil wawancara, pembelajaran matematika pada materi balok dengan teori Bruner di kelas V SLB B Ngudi Hayu Togogan Srengat Blitar sangat menonjol ditingkat enaktif, tingkat dimana siswa masih nyaman menggunakan benda konkrit. Ketika pembelajaran berlangsung secara bertahap, dari tahap enaktif, ikonik sampai simbolik. Mereka mengikutinya dengan senang, ketika diberikan perlakukan umpan balik mereka pun memberikan respon yang bagus. Namun, ketika materi ini telah berselang selama 1 minggu lamanya dan langsung diberikan soal ulangan. Sebagian dari mereka merasa kesulitan karena materinya tidak diulang kembali.(2) deskripsi strategi siswa dalam menyelesaikan soal tentang materi balok berdasarkan Teori Bruner yang memiliki karakteristik sebagai berikut: a. Pada tahap enaktif siswa telah mampu mengerjakan soal tentang contoh dan bukan contoh dari bangun ruang balok yang diberikan secara tepat, artinya siswa telah memiliki keterampilan yang dapat digunakan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Misalnya, pada jawaban siswa nomor 5, pada soal tersebut siswa diharapkan memberikan perlakukan terhadap gambar bangun ruang dan gambar bangun datar dengan memberikan tanda  pada kolom yang tersedia. Akhirnya , kedua siswa mampu membedakan bangun ruang dan bangun datar, itu berarti mereka telah memahami konsep. Meskipun satu siswa diantaranya belum mampu membedakan bangun ruang dan bangun datar dengan benar. b. Pada tahap ikonik siswa hanya mengerjakan soal sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh guru dan tidak memahami ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam perintah soal. Peneliti mengharapkan siswa mampu menyebutkan benda-benda balok sebanyak mungkin yang ada dalam ruang kelas mereka, namun mereka hanya menyebutkan satu sampai dua benda saja, yaitu benda yang pernah guru mereka tuliskan. Padahal di dalam kelas banyak sekali benda berbentuk balok. c. Pada tahap simbolik siswa hanya mengerjakan soal sesuai dengan apa yang mereka amati, tanpa menggunakan ketentuan sifat-sifat balok. Pada bagian sisi, mereka masih bingung menuliskan notasinya, kedua siswa ini hanya menuliskan dua notasi huruf saja, seharusnya mereka menuliskan 4 notasi huruf, itu berarti bagian rusuk dan titik sudut yang hanya mereka pahami.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MAHENI NUR FATILA
Date Deposited: 13 Aug 2015 06:36
Last Modified: 13 Aug 2015 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item