AKTIVITAS MAJELIS DZIKIR Al-KHIDMAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ( STUDI PADA JAMAAH MAJELIS DZIKIR MAHASISWA Al-KHIDMAH IAIN TULUNGAGUNG )

INES MUSTIKA ANDAYANI, 17201163144 (2020) AKTIVITAS MAJELIS DZIKIR Al-KHIDMAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ( STUDI PADA JAMAAH MAJELIS DZIKIR MAHASISWA Al-KHIDMAH IAIN TULUNGAGUNG ). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
BAB I..pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

AKTIVITAS MAJELIS DZIKIR Al-KHIDMAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ( STUDI PADA JAMAAH MAJELIS DZIKIR MAHASISWA Al-KHIDMAH IAIN TULUNGAGUNG ) Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman sekarang yang kebutuhan anak muda itu sangat dipengaruhi oleh budaya barat, pada saat ini manusia dinilai dari kecerdasan spiritualnya yang sangat memprihatinkan. Jika dihadapkan dalam suatu permasalahan mereka akan mengambil jalan yang tidak baik. Maka dari itu, dengan adanya majelis dzikir Al-Khidmah ini diharapkan dapat memberikan peran berupa sarana pemberdayaan para mahasiswa untuk terus menambah dan meningkatkan kecerdasan spiritual pada diri tiap mahasiswa. Majelis dzikir adalah sebagai sarana mengkaitkan hati seorang hamba dengan Allah SWT. Banyak manfaat yang didapat para ahli dzikir baik batiniyah maupun lahiriyah. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kegiatan majelis dzikir Mahasiswa Al Khidmah IAIN Tulungagung dalam meningkatkan kecerdasan spiritual? (2) Bagaimana kontribusi majelis dzikir mahasiswa Al Khidmah IAIN Tulungagung dalam meningkatkan kecerdasan spiritual? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan majelis dzikir Mahasiswa Al-Khidmah IAIN Tulungagung? Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di kampus IAIN Tulungagung . Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta triangulasi sumber sebagai instrumen untuk mengecek validitas data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan pembina, ketua umum, pengurus serta jamaah, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait majelis dzikir Al-Khidmah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan yang dilaksanakan dalam majelis dzikir Mahasiswa Al-Khidmah IAIN Tulungagung diantaranya Majelis Rutin Kampus, Majelis Safari Iklil, dan Majelis Dies Natalis. (2) kontribusi majelis dzikir Mahasiswa Al-Khidmah IAIN Tulungagung dalam meningkatkan kecerdasan spiritual diantaranya majelis dzikir Al Khidmah dapat menenangkan jiwa dan menentramkan hati, meningkatkan silaturrahim, menimbulkan kesadaran beragama yang semakin kuat, memfungsikan hati untuk lebih taat kepada Allah SWT, serta mengembalikan segala persoalan hidup hanya kepada Allah SWT. (3) Faktor pendukung dalam kegiatan majelis dzikir Mahasiswa Al- Khidmah IAIN Tulungagung antara lain ketersediaan tempat majelis yang memadai, jamaah majelis dzikir Al Khidmah mayoritas mahasiswa, ketersediaan ustadz secara sukarela, dan kegiatan yang sudah terjadwal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya dana pembiayaan kegiatan, waktu kegiatan terkadang bertabrakan dengan waktu kuliah, waktu ngaji maupun kerja,adanya kekompakan pengurus majelis dzikir mahasiswa AlKhidmah IAIN Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAI 17201163144 INES MUSTIKA ANDAYANI
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:13
Last Modified: 27 Apr 2021 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item