Komsiatin, Komsiatin (2014) Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar bahasa Arab pada Siswa Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
Komsiatin [3217103042] Skripsi fix.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Penerapan Make a Match, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Peserta didik lemah dalam penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru, khususnya bahasa Arab. Peserta didik menganggap bahasa Arab sangat membosankan dan menakutkan karena peserta didik harus menghafal setumpuk materi yang tidak bisa dikatakan sedikit, akibatnya mereka malas dan enggan untuk mempelajari bahasa Arab. Disebabkan juga sebagian besar guru lebih suka menggunakan model ceramah ketika mengajar, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun. Dalam materi tentang Alamat peneliti menggunakan model pembelajaran make a match yang diharapkan dapat memotivasi peserta didik dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model make a match pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Alamat peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol tulungagung.(2) Meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab melalui model pembelajaran make a match pada pelajara bahasa Arab materi tentang Alamat peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola piker, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru. Bagi MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Penelitian ini mengunakan penelitian tidakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection), sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV pada mata pelajaran bahasa Arab materi tentang Alamat. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. sedangkan observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran bahasa Arab, respon peserta didik, keadaan peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator xvii keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Langkah-langkah penerapan model make a match meliputi: 1) Peneliti menyiapkan kartu-kartu yang berisi soal dan jawaban, 2) Peneliti membagi kartu soal dan jawaban pada masing-masing peserta didik secara acak, 3) Peserta didik diberi kesempatan untuk memikirkan soal dan jawaban dari kartu yang dipegang, 4) Peserta didik mencari pasangan dari kartu yang dipegang, 5) Peserta didik yang sudah menemukan pasangan diminta untuk duduk berdekatan, 6) Setelah semua peserta menemukan pasangan dan duduk berdekatan, peserta didik secara bergantian membacakan soal yang diperoleh dengan suara keras kepada temanteman lainya. Selanjutnya, soal tersebut dijawab oleh pasangan, 7) Untuk mengecek pemahaman peserta didik, peneliti melakukan evaluasi dengan cara memberikan soal latihan pada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 03:27 |
Last Modified: | 17 Nov 2014 03:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
View Item |