PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SDIT BAITUL QURAN DAN MI DINIYAH PUTRI LAMPUNG

SITI ROAZAH, 12505184032 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SDIT BAITUL QURAN DAN MI DINIYAH PUTRI LAMPUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik di SDIT Baitul Quran Tulungagung dan MI Diniyyah Putri Lampung” ini ditulis oleh Siti Roazah, NIM. 12505184032 dengan dosen pembimbing Dr. H. Muh Zaini, M.A., dan Dr.Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Open-Ended Problem, Berfikir Kreatif. Potensi kebutuhan bahan ajar cetak di sekolah dasar dalam menunjang proses belajar peserta didik khususnya pada pelajaran matematika haruslah diperhatikan. Pelajaran matematika perlu diberikan untuk melatih siswa dalam berfikir logis, sistematis, kritis, kreatif serta mampu bekerja sama dalam pemecahkan masalah. Berdasarkan kurikulum 2013 Saat ini berfikir kreatif termasuk dalam salah satu aspek yakni aspek keterampilan. Berfikir kreatif meruapakan kemampuan yang saat ini harus dimiliki seseorang tidak hanya dalam dunia pendidikan melainkan juga dalam dunia kerja. Berdasarkan hal itu, keberhasilan proses pembelajaran matematika dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis open-ended dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa, didalamnya terdapat materi dan juga soal-soal latihan. Soal soal latihan dibuat dengan memperhatikan prinsip dari open-ended dan juga indikator berfikir kreatif. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) bagaimana desain pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik di SDIT Baitul Quran Tulungagung dan MI Diniyyah Putri Lampung?; (2) bagaimana kevalidan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif didik di SDIT Baitul Quran Tulungagung dan MI Diniyyah Putri Lampung?; (3) bagaimana efektifitas lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif didik di SDIT Baitul Quran Tulungagung dan MI Diniyyah Putri Lampung?. Tesis ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan desain lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik di SDIT Baitul Quran Tulungagung dan MI Diniyyah Putri Lampung, (2) mendeskripsikan kevalidan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik di SDIT Baitul Quran Tulungagung dan MI Diniyyah Putri Lampung, (3) mendeskripsikan efektifitas lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik di SDIT Baitul Quran Tulungagung dan MI Diniyyah Putri Lampung. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Penelitian dan pengembangan ini dapat bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penggunaan dan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem. Hasil penelitian dan pengembangan ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) desain pengembagan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended dilakukan dengan beberapa tahapan yakni tahapan analisis, digunakan sebagai dasar penyususnan produk meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis bahan ajar. Selanjutnya tahapan desaign meliputi desain tampilan, penyususnan konten, penyusunan instrumen. Selanjutnya tahapan pengembangan LKS yang disesuaikan dengan desaign, setelah LKS berhasil dikembangkan selanjutnya divalidasikan oleh beberapa ahli meliputi ahli materi, ahli desain media, ahli pembelajaran dan dilanjutkan dengan tahapan uji coba awal. (2) lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended dinyatakan valid dan dapat digunakan pembelajaran jarak jauh dalam bentuk file PDF, hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 72%, ahli desain pembelajaran sebesar 94%, ahli pembelajaran sebesar 83%. (3) efektifitas lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis open-ended problem dapat dilihat dari peningkatan hasil tes yang dilakukan oleh dua kelas yang berbeda, hasil post-tets pada kelas kontrol sebesar 54 dan kelas eksperimen sebesar 70, selain itu juga dilakukan perhitungan melalui independent sample t-test dengan nilai sig (2 tailed) 0,000, yang mana 0,000 < 0,005 berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS) dalam pengerjaan tes dan kelas kontrol yang tidak menggunakan lembar kerja siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184032 siti roazah
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:56
Last Modified: 29 Apr 2021 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17983

Actions (login required)

View Item View Item