ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MOJO KEDIRI

RINGGA FATMA HARDYANI, 17204163052 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII di Smp Negeri 1 Mojo Kediri” ini ditulis oleh Ringga Fatma Hrdyani, NIM. 17204163052, Tadris Matematika, FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata-kata kunci : Gaya Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis Kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam memecahkan masalah matematika ialah kemampuan penalaran. Penalaran biasanya diperlukan pada suatu kegiatan, proses atau aktivitas berpikir untuk menarik kesimpulan atau membuat suatu pernyataan yang kebenarannya telah dibuktikan ataupun di asumsikan sebelumnya. Kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti gaya belajar, kecemasan matematika instruksi, kurangnya rasa percaya diri, kepercayaan guru, lingkungan, kurangnya perhatian orang tua, serta jenis kelamin. Salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan menyerap, mengolah, dan menyampaikan informasi tersebut adalah gaya belajar. Gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik merupakan jenis gaya belajar berdasarkan kecenderungan siswa dalam memahami dan menangkap informasi lebih mudah dengan menggunakan penglihatan, pendengaran, dan melakukansendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar auditorial, dan (3) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswamditinjau dari gaya belajar kinestetik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojo yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Prosedur penelitian ini adalah penyusunan instrumen, pengisian angket gaya belajar, pemilihan subjek penelitian, tes penalaran matematis, wawancara, analisis hasil tes penalaran matematis, dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas VII-A didominasi dengan siswa yang gaya belajarnya kinestetik. Dalam kemampuan penalaran matematis, (1) gaya belajar visual dapat menuliskan dugaan, memeriksa kebenaran dan menarik kesimpulan dengan benar dan tepat. Rata-rata saat pelajaran sedang berlangsung terlihat cenderung duduk diam sambil mencatat materi yang ditulis di papan tulis dan jarang menanyakan materi yang mungkin belum mereka fahami pada guru; (2) gaya belajar auditori dapat menuliskan dugaan, memeriksa kebenaran dan menarik kesimpulan dengan baik dan cukup teliti. Rata-rata saat pelajaran sedang berlangsung sering bertanya tentang materi yang belum difahami, mereka menulis materi dengan lengkap. Sedangkan (3) gaya belajar kinestetik dapat menuliskan dugaan, memeriksa kebenaran dan menarik kesimpulan dengan benar, namun kurang teliti. Rata-rata saat pelajaran sedang berlangsung seakan tidak dapat diam dan selalu membuat suasana menjadi ramai dengan cara mereka, semisal dengan bertanya materi akan tetapi pada akhirnya selalu meminta untuk ditunjukkan atau diberikan contohnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163052 RINGGA
Date Deposited: 02 Feb 2021 01:44
Last Modified: 29 Apr 2021 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18094

Actions (login required)

View Item View Item