STUDI MORFOLOGI MANGROVE AVICENNIA DI PANTAI CENGKRONG KAB. TRENGGALEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KATALOG

ZULFIKAR, 17208163094 (2020) STUDI MORFOLOGI MANGROVE AVICENNIA DI PANTAI CENGKRONG KAB. TRENGGALEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KATALOG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Studi Morfologi Mangrove Avicennia di Pantai Cengkrong Kab. Trenggalek Sebagai Media Pembelajaran Berupa Katalog” ini ditulis oleh Zulfikar, NIM. 17208163094, pembimbing Dr.Eni Setyowati,S.Pd.,M.M. Kata Kunci : Avicenniae, Morfologi, Sumber Belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh minimnya informasi materi morfologi tumbuhan Mangrove Avicennia sebagai media pembelajaran. Karena kajian morfologi tumbuhan merupakan kajian dasar dalam mempelajari kelompok tumbuhan tertentu, sehingga diperlukan pengamatan morfologi tumbuhan Avicennia. Disamping itu, masyarakat umum mengalami kesulitan memahami istilah-istilah yang digunakan dalam mengidentifikasi karakteristik morfologi tumbuhan, karena terbatasnya referensi, sehingga dibutuhkan sumber belajar yang mendukung. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan kedua permasalahan tersebut yang kemudian disusun menjadi sumber belajar bagi masyarakat umum berupa Katalog Morfologi Avicennia yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik morfologi tumbuhan Avicennia dimulai dari batang, daun, bunga, buah, dan untuk menghasilkan Sumber belajar berupa Katalog Morfologi Avicennia yang sudah tervalidasi ahli materi, ahli media, mahasiswa Tadris Biologi IAIN Tulungagung, dan juga siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Pada tahap observasi atau pengambilan data, metode yang digunakan untuk pengambilan sample adalah metode jelajah bebas. Pada saat pengambilan sample akan dilakukan pencatatan dan dokumentasi penelitian untuk untuk pengamatan morfologi dari tumbuhan Avicennia, dan setelahnya dilakukan analisis data berupa penjabaran hasil dalam bentuk narasi dengan menggunakan buku pendamping dan sumber lainnya darihasil studi literatur. Pada metode pengembangan, model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, yang meliputi emppat langkah pengembangan yaitu Define (Tahap pendefinisian), Design (Tahap desain), Development (Tahap pengembangan), Dan Disseminate (Menyebarkan secara terbatas). Teknik pengumpulan data menggunakan instrument validasi. Teknik analisis data berupa data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua tumbuhan Avicennia yang meliputi Avicennia alba Bl, Avicennia marina (Forssk) Vierh, dan Avicennia oficinalis L, sama-sama memiliki batang macam percabangan simpodial yang berwarna hijau ke abu-abuan yang tumbuh condong keatas. Daun yang tidak lengkap karena tidak memiliki pelepah, dan daun berwarna hijau. Bunga yang berbentuk bulir, dan tidak memiliki putik. Buah sejati dan tunggal yang berwarna hijau kekuningan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa Sumber belajar Katalog dinyatakan Valid dan layak digunakan dengan revisi baik ditinjau dari Ahli Materi, Ahli Media, Mahasiswa, siswa kelas VIII, dan masyarakat umum. Hal ini bisa dibuktikan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi pertama 85% yang berada pada kategori layak, ahli materi kedua 75% yang berada pada kategori layak, Ahli media pertama 81% yang berada pada kategori layak, ahli media kedua 100% yang berada pada kategori sangat layak, Subyek uji coba dari mahasiswa Tadris Biologi IAIN Tulungagung masing-masing memperoleh nilai 87,00% (kategori sangat layak), 88% (kategori sangat layak), 79% (kategori layak). , ketiga subyek uji coba siswa kelas VIII memperoleh nilai Keempat subyek uji coba masyarakat masing-masing memperoleh nilai 78,4% (kategori layak), 93,6% (kategori sangat layak), 86% (kategori sangat layak). Rata-rata keseluruhan dari hasil kelayakan sumber belajar Katalog Morfologi Avicennia adalah % sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber belajar Katalog Morfologi Avicennia dinyatakan “Sangat Layak” untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: mahasiswa 17208163094 Zulfikar
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:37
Last Modified: 03 May 2021 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18180

Actions (login required)

View Item View Item