Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together berbantuan Interactive Handout terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII MTs Negeri Karangrejo

Ikhwanudin, Anang (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together berbantuan Interactive Handout terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII MTs Negeri Karangrejo. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together berbantuan Interactive Handout, Hasil belajar matematika. Pembelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang membutuhkan alat bantu atau alat peraga. Tetapi pada kenyataannya pada sebagian sekolahan yang memiliki siswa yang cukup banyak akan mengalami kendala, karena tidak mencukupinya alat peraga. Berkaitan dengan masalah ini, maka perlu suatu pembelajaran yang berkelompok-berkelompok, agar pemakaian alat peraga dapat terlaksana. Salah satu model pembelajaran berkelompok adalah penerapan model pembelajaran Cooperative tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan Interactif Handout. Dengan menggunakan model ini maka tidak membutuhkan alat peraga yang tidak terlalu banyak, hanya dengan sejumlah kelompok yang ada. Selain itu dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar, bertanggung jawab atas dirinya sendiri, membuat pembelajaran lebih menarik, menumbuhkan persaingan yang sehat, dan melatih berdiskusi dalam menyelesaikan masalahnya. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana model pembelajaran Cooperative tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan Interactif Handout pada pelajaran Matematika materi Bangun Ruang Balok dan Kubus siswa kelas VIII MTsN karangrejo. 2. Apakah model pembelajaran Cooperative tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan Interactif Handout berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi Bangun Ruang Balok dan Kubus siswa kelas VIII MTsN Karangrejo. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan Interactif Handout pada pembelajaran matematika di kelas VIII MTsN Karangrejo. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan Interactif Handout terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Karangrejo tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan Cluster Random Sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII F dan VIII G. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post tes dan dokumentasi. Post test digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa MTs Negeri Karangrejo yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data 1. Daftar nama siswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. 2. Deskripsi xvi tempat penelitian. 3. Nilai pelajaran Semester Ganjil kelas VIII F dan G tahun ajaran 2013/2014 bidang studi matematika. Selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together berbantuan Interactive Handout terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Karangrejo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung= 3,8498, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together berbantuan Interactive Handout dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together berbantuan Interactive Handout terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Karangrejo”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2014 04:20
Last Modified: 17 Nov 2014 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item