ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SUDUT DAN GARIS DI MTSN 9 BLITAR

VICKY SAPUTRA, 17204163296 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SUDUT DAN GARIS DI MTSN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Sudut dan Garis di MTsN 9 Blitar” ini ditulis oleh Vicky Saputra, NIM 17204163296, pembimbing Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Sudut dan Garis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran siswa yang masih rendah dalam memecahkan soal matematika. Siswa masih kesulitan dalam memberikan alasan yang tepat terhadap suatu permasalahan yang telah dikerjakan serta kebingungan dalam memberikan kesimpulan terhadap suatu pernyataan. Padahal seharusnya kemampuan penalaran sangat dibutuhkan ketika siswa memcahkan suatu permasalahan, karena dengan begitu siswa akan mudah menerapkannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan Untuk (1) mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika Sudut dan Garis kelas VIII di MTsN 9 Blitar (2) mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal matematika Sudut dan Garis kelas VII di MTsN 9 Blitar (3) mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal matematika Sudut dan Garis kelas VII di MTsN 9 Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D di MTsN 9 Blitar. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang dimiliki dengan menggunakan 4 butir soal uraian yang berbentuk soal cerita. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran matematis siwa dalam menyelesaikan soal yang diikuti 6 siswa dari 20 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan secara lisan dan tertulis; mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari suatu pernyataan. (2) Siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan secara lisan dan tertulis; mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika. (3) Siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal matematika memenuhi pada indikator menyajikan pernyataan secara lisan dan tertulis dan mengajukan dugaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163296 VICKY SAPUTRA
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:22
Last Modified: 03 May 2021 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18378

Actions (login required)

View Item View Item