LAYANAN INTERAKTIF PEMERINTAH DAN MASYARAKAT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TRENGGALEK

GANDUNG SETYA PUTRA, 17104163060 (2020) LAYANAN INTERAKTIF PEMERINTAH DAN MASYARAKAT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Gandung Setya Putra, NIM17104163060, Layanan Interaktif Pemerintah dan Masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing : Dr. Hj. Nur Fadhilah, S.H.I M.H. Kata Kunci : Dinas Komunikasi dan Informatika, idariyyah, layanan interaktif, masyarakat, Peraturan Bupati, siyasah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan pertukaran informasi antara PemerintahKabupaten Trenggalek dan masyarakat yang kurang baik. Aspirasi yang diberikan masyarakat kepada pemerintah sering tidak diberi tanggapan. Hal tersebut berdampak pada menurunnya kepedulian masyarakat terhadap pemerintah daerah Kabupaten Trenggalek. Rumusan masalah dalam penelitianini yaitu: (1) Bagaimana layanan interaktif pemerintah dan masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana layanan interaktif pemerintah dan masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek berdasarkan Perbup No. 24 Tahun 2017? (3) Bagaimana layanan interaktif pemerintah dan masyarakat pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek berdasarkan fiqih siyasah? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data pada penelitianini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengggunakan analisis kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasildari penelitian ini adalah: (1)Layanan interaktif pemerintah dan masyarakat sudah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten trenggalek. Namun masih ditemukan pesan yang disalurkan melalui media sosial ataupun website yang tidak ditanggapi. Hal tersebut terjadi karena masyarakat belum mengetahui SP4N lapor dan Wa Lapor sebagi media yang dapat menyalurkan aspirasi masyarakat secara efektif. (2)Layanan interaktif pemerintah dan masyarakat tidak sesuaidenganPerbup No 24 tahun 2017. Peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi yang termuat pada pasal 17 tidak terlaksanan dengan baik. Selain itu tidak ditanggapinya opini dan aspirasi publik pada media sosial tidak sesuai dengan Perbub No 24 tahun 2017 Pasal 9. (3)Layanan interaktif pemerintah dan masyarakat tidak memenuhi semua asas dalamfiqh siyasah idariyyah. Dengan adanya layanan interaktif, Masyarakat mempunyai alat untuk berinteraksi dengan Pemerintah. Hal tersebut telah memenuhi asas maslahat (al Mashlahah) sedangkan dengan pelaksanaan yang tidak sesuai dengan apa yang di tugaskan dalam aturan maka layanan interaktif tidak memenuhiasas tanggung jawab (al-Mas-uliyyah). Asas pengawasan (al-Muhasabah) pada pelaksanaan layanan interaktif juga tidak terpenuhi, melihat tidak ditanggapinya aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui sosial media dan website.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 17104163060 GANDUNG SETYA PUTRA
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:30
Last Modified: 27 Apr 2021 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18388

Actions (login required)

View Item View Item