NATASHA NURHAIDA, 12505174033 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA SIRKUIT PINTAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (54kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Sirkuit Pintar dalam Pembelajaran Matematika kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Natasha Nurhaida, NIM. 12505174033 dengan Dosen Pembimbing Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Sirkuit Pintar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan di tingkat SD/MI. Media pembelajaran sangatlah penting dalam proses pembelajaran yaitu dapat membantu peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selama ini masih banyak proses pembelajaran yang menggunakan media gambar dikertas atau sebagainya, tanpa ada variasi yang lain. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media sirkuit pintar dalam pembelajaran matematika yang berbasis permainan sehingga anak dapat tertarik dan mengikuti pembelajaran dengan senang hati tanpa meninggalkan keseriusan dalam belajar terutama dalam pembelajaran matematika yang dianggap penting dan harus dikuasai. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan media sirkuit pintar dalam pembelajaran matematika kelas III MI Plus Al Istighotsah Pangungrejo Tulungagung? (2) Bagaimana kelayakan kegunaan media sirkuit pintar dalam pembelajaran matematika kelas III MI Plus Al Istighotsah Pangungrejo Tulungagung? (3) Apakah media sirkuit pintar dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas III MI Plus Al Istighotsah Pangungrejo Tulungagung? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan milik Borg and Gall. Peneliti mencukupkan langkah penelitian ini sampai pada tahap ke tujuh. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada peserta didik kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Produk yang dikembangkan adalah sirkuit pintar yang akan diuji kelayakannya dengan instrumen angket ahli media dan ahli materi. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (menggunakan kelas eksperimen dan kelas control) adalah uji-t dengan bantuan software SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media sirkuit pintar yang dikembangkan dengan model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Pengembangan media sirkuit pintar ini dimulai dengan melakukan penelitian dan pengumpulan data di lapangan. Selanjutnya, peneliti menentukan kompetensi inti, kompetensi dasar, serta mata pelajaran yang digunakan. Kompetensi dasar yang dipilih kemudian dijabarkan menjadi indikator yang nantinya akan dijadikan acuan dalam membuat pertanyaan dan gambar disetiap petak pada permainan sirkuit pintar. Pertanyaan pada dadu dan gambar pada papan harus sesuai. Peneliti mendesain gambar pada Photoshop versi 2,0. Kemudian, peneliti menambahkan gambar-gambar sudut dengan ditambahkan gambar kartun yang menarik. Peneliti menempelkan stiker pada papan dari kayu yang dapat dijadikan wadah perlengkapan media : dadu, bidak dari mobil-mobilan, petunjuk permainan dan bengkel ingatan. Petunjuk permainan dan bengkel ingatan dibuat pada microsoft word. (2) Media sirkuit pintar ini layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji kelayakan oleh ahli media dan materi. (3) Media sirkuit pintar dapat meningkatkan hasil belajar dibuktikan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan media sirkuit pintar dengan kelas kontrol yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan media sirkuit pintar. Hal ini didasarkan pada data hasil uji-t yang mana didapat nilai signifikansi 0,014 < 0,05.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505174033 NATASHA NURHAIDA |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 07:29 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18403 |
Actions (login required)
View Item |