PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN TULUNGAGUNG

IMDADIYAH, ARINAL (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
skripsi arina ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Tulungagung” ini ditulis oleh Arinal Imdadiyah, NIM. 3214113051, pembimbing Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar Siswa Belakangan ini terjadi sebuah fenomena bahwa hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya adalah metode mengajar yang digunakan guru dengan menggunakan metode konvensional yang terkesan kurang bervariatif dan dapat mengakibatkan mkejenuhan pada siswa sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Oleh karena itu seorang pendidik harus mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mampu memahami sifat siswa yang berbeda-beda sehingga tercipta suasana belajar yang semula hanya “banyak mengajar” menjadi “banyak mendorong siswa untuk belajar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Tulungagung dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II MTsN Tulungagung yang terdiri dari 9 kelas. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Dengan menggunakan teknik sampling purposive diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII B dan kelas VIII C. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran CIRC dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvernsional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar matematika siswa kelasVIII MTsN Tulungagung. Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Dan besarnya pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 7,06%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ARINAL IMDADIYAH
Date Deposited: 27 Aug 2015 02:35
Last Modified: 27 Aug 2015 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item