RETNO INTAN KUSWARI, 12505174039 (2020) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI MIN 3 TULUNGAGUNG DAN SDI QURROTA A’YUN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (789kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (305kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan LKS Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV di MIN 3 Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Retno Intan Kuswari, NIM. 12505174039 dengan Dosen Pembimbing Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Dr. Akhyak, M.Ag. Kata kunci : Pengembangan LKS, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan perangkat pembelajaran yang belum maksimal. Modul yang digunakan hanya untuk menjelaskan materi pembelajaran saja, sedangkan proses untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terbatas pada kegiatan tanya jawab dan mengerjakan soal-soal yang ada pada modul. Hal ini membuat peneliti ingin mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebagai penunjang belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan LKS berbasis higher order thinking skill (HOTS) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika di MIN 3 Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana kelayakan penggunaan LKS berbasis higher order thinking skill (HOTS) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika di MIN 3 Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan LKS berbasis higher order thinking skill (HOTS) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika di MIN 3 Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall. Peneliti mencukupkan langkah penelitian sampai pada tahap ke tujuh. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung. Produk yang dikembangkan adalah LKS berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang akan diuji kelayakannya dengan instrumen angket ahli media dan materi. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan LKS Berbasis HOTS ini adalah uji-t dengan bantuan software SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan LKS Berbasis HOTS dimulai dengan menyiapkan materi pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah tercantum dalam Kurikulum 2013. Selanjutnya, peneliti membuah contoh- contoh soal HOTS yang sesuai dengan materi yang telah disajikan, membuat soal- soal latihan individu maupun kelompok dan kemudian membuat soal- soal uji kompetensi pada akhir bab. (2) LKS berbasis HOTS ini layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji kelayakan oleh ahli media dan materi. (3) Ada pengaruh penggunaan LKS berbasis HOTS ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis HOTS dengan kelas kontrol yang melakukan pembelajaran tanpa LKS berbasis HOTS. Hal ini didasarkan pada data hasil uji-t yang mana didapat sig-2 0.040 < 0.050.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505174039 RETNO INTAN KUSWARI |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 07:33 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18435 |
Actions (login required)
View Item |