NAILA HILMI CAHYANI, 17208163042 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HEWAN KELAS XII. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Kelas XII” ditulis oleh Naila Hilmi Cahyani, NIM. 17208163042, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Buku Petunjuk Praktikum, Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan. Kegiatan praktikum sangat diperlukan dalam pembelajaran Biologi, tetapi kegiatan praktikum tidak berjalan dengan baik karena ketidaketersediaan penuntun praktikum. Menurut aturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan materi pertumbuhan dan perkembangan diajarkan pada jenjang kelas XII SMA/MA jurusan IPA dan kompetensi yang harus dicapai dalam materi tersebut siswa dituntut untuk mampu menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada mkhluk hidup, serta mampu merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor ekstenal yang mempengaruhi faktor internal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti akan membahas tentang pengembangan buku petunjuk praktikum pertumbuhan dan perkembangan hewan Kelas XII. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan buku petunjuk yang dihasilkan (2) mendeskripsikan hasil validasi ahli dan keterbacaan siswa terkait dengan buku petunjuk praktikum yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian ini selanjutnya dikembangkan menjadi buku petunjuk praktikum sebagai bahan ajar mata pelajaran Biologi materi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian dikembangkan menjadi buku petunjuk praktikum yang memuat beberapa komponen seperti cover, kata pengantar, daftar isi, tata tertib praktikum, aturan dan format laporan praktikum, format penulisan laporan praktikum, prosedur penggunaan petunjuk praktikum, kompetensi yang akan dicapai, topik praktikum, tujuan praktikum, dasar teori, alat dan bahan, prosedur kerja, tabel pengamatan, bahan diskusi, refleksi, daftar rujukan. (2) Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh beberapa ahli, dan mendapatkan presentase skor untuk ahli materi sebesar 96,43%, ahli media 93,33%, guru pengampu 92,86%, dan keterbacaan siswa sebesar 83,9%, sehingga dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum sudah baik dan sangat layak digunakan untuk bahan ajar mata pelajaran Biologi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Skripsi 17208163042 NAILA HILMI CAHYANI |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 01:29 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 01:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18518 |
Actions (login required)
View Item |