ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII A (UNGGULAN) DI MTs NEGERI PAGU TAHUN AJARAN 2014/2015

FADHILAH, MILLATUL (2015) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII A (UNGGULAN) DI MTs NEGERI PAGU TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 Sampul.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Millatul Fadhilah, 3214113112, 2015. “Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII A (Unggulan) di MTs Negeri Pagu Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Eni Setyowati,S.Pd.,MM. Kata Kunci: Analisis, Berpikir, Reflektif, Memecahkan Masalah Penelitian ini berdasarkan suatu fenomena kecenderungan pada guru matematika yang kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran matematika, terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif siswa dalam penelitian ini meliputi 3 fase, yaitu: Pertama, Reacting adalah bereaksi dengan pemahaman pribadi terhadap masalah matematis yang berfokus pada sifat alami situasi. Kedua, Comparing adalah melakukan analisis dan klarifikasi pengamalaman individual, serta makna dan informasi-informasi untuk mengevaluasi apa yang diyakini dengan cara membandingkan reaksi dengan pengalaman yang lain. Ketiga, Contemplating adalah fokus terhadap suatu tingkatan pribadi dalam proses-proses seperti menguraikan, menginformasikan, mempertimbangkan dan merekontruksi situasi atau masalah. Salah satu aktivitas untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir reflektif siswa adalah memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi garis singgung lingkaran kelas VIII A (Unggulan) di MTs Negeri Pagu tahun ajaran 2014/2015. Dan mendeskripsikan strategi siswa dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan pada materi garis singgung lingkaran dengan kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir reflektif siswa menunjukkan bahwa: a) Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori tinggi, kemampuan berpikir reflektif siswa adalah sangat tinggi. Hal ini terbukti karena pada semua soal siswa dikatakan reflektif. b) Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori sedang, kemampuan berpikir reflektif siswa adalah tinggi. Hal ini terbukti karena hampir semua soal siswa dikatakan reflektif dan terdapat satu soal dimana siswa dikatakan cukup reflektif. c) Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori kurang, kemampuan berpikir reflektif siswa adalah sedang. Hal ini terbukti karena dari hasil analisis soal siswa dikatakan kurang reflektif, cukup reflektif dan reflektif. d) Ketelitian siswa dalam memecahkan masalah mempengaruhi kemampuan berpikir reflektif siswa. e) Terdapat siswa yang masih belum mengerti sepenuhnya tentang materi prasyarat dari garis singgung lingkaran yaitu rumus Phytagoras. 2) Strategi yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah garis singgung lingkaran meliputi; mencermati permasalahan, menggambar bentuk sesuai dengan permasalahan dan menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan rumus yang sudah dihafalkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Millatul Fadhilah
Date Deposited: 24 Aug 2015 06:12
Last Modified: 24 Aug 2015 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item