IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multikasus di MTsN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Tulungagung)

AHMAD SYARIFUDDIN, 1761154003 (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multikasus di MTsN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Syarifuddin, Ahmad., 1761154003, 2020. Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di MTsN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Tulungagung), Disertasi, Progran Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag (2) Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru Guru merupakan salah satu aspek terpenting dalam proses pembelajaran. Peranan yang begitu penting ini mewajibkan guru untuk terus meningkatkan kinerjanya agar mampu memberikan pembelajaran yang terbaik. Berbagai kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah diharapkan mampu untuk meningkatkan kinerja guru. Berangkat dari uraian di atas maka pertayaan penelitian dalam disertasi ini adalah (1) Bagaimana implementasi kebijakan kepala sekolah dalam penyediaan sarana pembelajaran untuk meningkatkan kinerja guru?, (2) Bagaimana implementasi kebijakan kepala sekolah dalam supervisi guru untuk meningkatkan kinerja guru?. (3) Bagaimana implementasi kebijakan kepala sekolah dalam pembinaan kenaikan jabatan guru untuk meningkatkan kinerja guru?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transfarbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian dalam disertasi ini adalah (1). Implementasi kebijakan kepala sekolah dalam penyediaan sarana pembelajaran untuk meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan cara mengadakan rapat awal semester, workshop pembuatan perangkat pembelajaran, pemenuhan sarana dan prasarana, serta meningkatkan koordinasi antar guru. (2) Implementasi kebijakan kepala sekolah dalam supervisi guru dilakukan dengan cara pemberian supervisi administrasi dan supervisi langsung, mengikutsertakan guru dalam seminar, workshop atau diskusi ilmiah yang berkaitan dengan peningkatan mutu pembelajaran serta membentuk tim khusus supervisi untuk membantu tugas kepala sekolah. (3) Implementasi kebijakan kepala sekolah dalam pembinaan kenaikan jabatan guru untuk meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan cara pengembangan diri guru, pembinaan kedisiplinan guru serta memberikan promosi jabatan. Temuan baru dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan kepala sekolah melibatkan semua stakeholder dalam meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Kinerja Pegawai
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr 1761154003 AHMAD SYARIFUDDIN
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:34
Last Modified: 28 Oct 2021 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18843

Actions (login required)

View Item View Item