PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Hidayah, Estri Ridha (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI BAB I,II,III,IV,V ESTRI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII” ini ditulis oleh Estri Ridha Hidayah, NIM 3214113004, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik saat ini masih sangat terbatas. Sedangkan bahan ajar sendiri merupakan sarana penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ketersedian bahan ajar dengan sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat membantu memaksimalkan kemampuan berfikir peserta didik dalam mempelajari matematika. Sehingga peneliti mengembangkan sebuah produk bahan ajar berupa modul dengan berbasis inkuiri terbimbing. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana modul matematika berbasis inkuiri terbimbing pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) menjadi produk yang valid dan efektif? (2) Adakah pengaruh penggunaan modul matematika berbasis inkuiri terbimbing pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) terhadap hasil belajar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana modul berbasis inkuiri terbimbing ini dikembangkan menjadi suatu bahan ajar yang valid, efektif, dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta mengetahui pengaruh penerapannya terhadap hasil belajar siswa. Skripsi ini bermanfaat bagi peserta didik sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membawa siswa pada kegiatan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, sekaligus menantang siswa untuk berpikir dan bernalar dalam belajar matematika. Bagi para guru sebagai salah satu alternatif bahan ajar yang dapat membantu dan memudahkan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan menurut Borg and Gall dengan melalui beberapa tahap yaitu (1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan format produk awal, (4) tahap validasi ahli, (5) tahap revisi produk, (6) tahap uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) tahap desiminasi dan implementasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk siswa SMP/MTs kelas VII yang dikembangkan valid atau layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan presentase total 83,8%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa diperoleh signifikansi 0.001 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansinya 0.05. Dengan demikian artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diterapkan menggunakan modul berbasis inkuiri dengan kelas yang tidak diterapkan menggunakan modul. Sehingga ada pengaruh penerapan modul berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: estri ridha hidayah
Date Deposited: 27 Aug 2015 04:24
Last Modified: 27 Aug 2015 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item