MUHAMMAD AQLI NIDZOM, 17403163147 (2021) ANALISIS OPINI AUDIT, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN SYARIAH SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (683kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (564kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (459kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (406kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Analisis Opini Audit, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Syariah Sektor Consumer Goods Industry Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia” ini ditulis oleh Muhammad Aqli Nidzom, NIM 17403163147, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, dengan pembimbing Sri Dwi Estiningrum, S.E., Ak., M.M., C.A. Latar belakang penelitian ini dikarenakan sampai saat ini masih banyak kasus audit delay pada perusahaan yang terdaftar di BEI, tak terkecuali perusahaan Consumer Goods Industry. Padahal menurut peraturan dari BAPEPAM-LK, perusahaan publik diwajibkan untuk menyampaikan Laporan Keuangan Tahunan paling lambat 90 hari setelah tanggal tutup buku disertai laporan Auditor. Maka dari itu, seluruh perusahaan publik termasuk perusahaan Consumer Goods Industry wajib menyampaikan laporan ini kepada stakeholders sebelum batas waktu yang ditentukan. Sebab dampak dari keterlambatan penyampaian laporan keuangan yang diaudit, dapat mempengaruhi reputasi perusahaan ke depannya. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Untuk menguji pengaruh opini audit terhadap audit delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry, (2) Untuk menguji pengaruh ukuran KAP terhadap audit delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry, (3) Untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry, (4) Untuk menguji pengaruh leverage terhadap audit delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry dan (5) Untuk menguji pengaruh opini audit, ukuran KAP, ukuran perusahaan dan leverage terhadap audit delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian berupa kausal komparatif. Teknik sampling penelitian ini berupa purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa Laporan Keuangan Tahunan selama periode 2014-2019. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu berupa SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Opini Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry, (2) Ukuran KAP berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Audit Delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry, (3) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap Audit Delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry, (4) Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry dan (5) Opini Audit, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan dan Leverage memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Audit Delay pada perusahaan syariah sektor Consumer Goods Industry. Kata Kunci: Audit Delay, Leverage, Opini Audit, Ukuran KAP, dan Ukuran Perusahaan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah |
Depositing User: | 17403163147 Muhammad Aqli Nidzom |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 01:30 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 01:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18950 |
Actions (login required)
View Item |