Pendampingan Pelestarian Kearifan Lokal Reog Kendang: Upaya Pendidikan Karakter dan Ketrampilan Seni pada Siswa Sekolah Dasar Sidomulyo Pagerwojo Tulungagung

Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, 197602222009012003 (2020) Pendampingan Pelestarian Kearifan Lokal Reog Kendang: Upaya Pendidikan Karakter dan Ketrampilan Seni pada Siswa Sekolah Dasar Sidomulyo Pagerwojo Tulungagung. Episentrum: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, IAIN Tulungagung.

[img]
Preview
Text
21) cek plagiarism Pendampingan Pelestarian Reog Kendang.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://178.128.61.209/index.php/epi/article/view/3...

Abstract

Penelitian ini disajikan untuk mengetahui bagaimana merevitalisasi nilai-nilai kearifan lokal dan ketrampilan seni tari Reog Kendang pada saiswa-siswa sekolah dasar Sidomulyo tentang pentingnya memliki ketrampilan pada kegiatan ekstrakurikuler pada seni tari.Data dikumpulkan selama 2 bulan mulai dari Januari hingga Februari 2019 di sekolah Dasar Sidomulyo Pagerwojo di Tulungagung. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan siswa-siswa yang didampingi oleh peneliti untuk melestaraikan tari Reog Kendang sebagai seni tari dan salah satu kearifan lokal masyarakata setempat. Subjek penelitian terdiri dari 65 siswa yang memiliki informasi relevan tentang tema penelitian Temuan ini mengungkapkan bahwa ada beberapa anak yang belajar tari Reog Kendang bertindak sebagai pelaku tari sebagai ketrampilan seni tari berlatih, mendiskusikan simbol tari dengan teman-temannya dan bertanya jawab dengan peneliti tentang makna dan sejarah tari Reog Kendang. Hasil dari penelitian ini juga diperoleh beberapa perspektif anak-anak dalam mempraktekkan tari Reog Kendang sebagai media pembelajaran untuk merevitalisasi nilai-nilai sejarah,moral dan sosial. Beberapa tanggapannya adalah: meningkatkan pengabdian kepada negara, mengajarkan bagaiamana berperilaku baik, jujur dalam kehidupan bermasyrakat, belajar dan disiplin, berlatih untuk beranggungjawab, meneladani sejarah pahlawan regional dan nasional, saling menghargai ketika berproses baik ketika berlatih tari,mengembangkan ketrampilan seni, menciptakan seni dan menampilkan karya seni terbaik bagi desa pada saat perpisahan, bersih desa,pembukaan acara di desa dan kecamatan. Selain itu, ditemukan juga perspektif anak-anak dalam berlatih tari, menguasai seni trai Reog Kendang sebagai media pembelajaran: menyampaikan pelajaran melalui tari dan berlatih secara langsung serta memahami makna dalanm setiap gerakan lebih menarik, termotivasi, menambah pengetahuan, dan menghibur bukan hanya untuk penari akan tetapi juga penikmat seni.

Item Type: Other
Subjects: Artikel Dosen
Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dr 197602222009012003 Dwi Astuti Wahyu Nurhayati
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:53
Last Modified: 15 Mar 2021 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19024

Actions (login required)

View Item View Item