ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA KELAS VIII SMP WAHIDIYAH KARANGREJO DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT - FIELD INDEPENDENT

YASHINTA NAHDIA ROSALIN, 1724143265 (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA KELAS VIII SMP WAHIDIYAH KARANGREJO DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT - FIELD INDEPENDENT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Analisis Pemahaman Konsep siswa Dalam Menyelesaikan soal Matematika Materi segitiga Ditinjau dari Gaya Kognitif (Field Dependent dan Field Independent) siswa Kelas VIII SMP Wahidiyah Karangrejo", ini ditulis oleh Yashinta Nahdia Rosalin, NIM. 1724143265, pembimbing Dr. Eni Setyowati,S.Pd.,MM Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Konsep, Segitiga Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan siswa yaitu kurang memahami sebuah konsep. siswa cenderung lebih memilih menghafal daripada memahami malana dari ilmu pengetahuan. Kemampuan pemahaman konsep menerapkan kemanpuan untuk membangun konsep dan berpikir matematis untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal tersebut dapat dilihat saat siswa mengerjakan latihan soal-soal yang diberikan guru. Setiap siswa memiliki kemampuan ymg berbeda-beda hal itu didasari oleh karakteristik dari gaya kognitif masing-masing siswa itu sendiri. Dari informasi tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis pemahaman konsep berdasarkan gaya kognitif. Gaya kognitif dibagi menjadi 2 yaitu Gaya Kognitif Field Dependent (GK-FD) dan Gaya Kognitif Field Independent (GK-FI). Untuk dapat membedakan bahwa siswa memiliki gaya kognitif (GK-FD) atau (GK-FI) peneliti menggunakan Tes GEFT. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun segitiga ditinjau dari gaya kognitif siswa tipe Field Dependent di SMP Wahidiyah Karangrejo (2) untuk menganalisis pemahaman konseptual maternatis siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun segitiga ditinjau dari gaya kognitif siswa tipe Field Dependent di SMP Wahidiyah Karangrejo. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 siswa yang masing-masing diwakili oleh 2 siswa yang memiliki Gaya Kognitif Field Dependent dan 2 siswa yang memiliki Gaya Kognitif Field Independent . Pengklasifikasian tersebut didasarkan pada hasil dari Tes GEFT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tek wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil menujukkan bahwa (l) siswa yang merniliki gaya kognitif field dependent belum dapat memenuhi dengan sempurna indikator dari pemahaman konsep yaitu pada indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu masing tergolong kurang , dalam hal menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi masih tergolong cukup baik. Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsep-konsepnya) masih kurang baik (2) siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dapat memenuhi dengan sempurna indikator dari pemahaman konsep yaitu pada indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu masing tergolong baik , dalam hal menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi tergolong baik. Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dangan konsep-konsepnya) tergolong baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143265 YASHINTA NAHDIA ROSALIN
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:29
Last Modified: 04 Mar 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19061

Actions (login required)

View Item View Item