PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 CAMPURDARAT

TSABITA FITRIA A.S, 17204163020 (2020) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (850kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Hasil Belajar pada Materi Trigonomteri Siswa Kelas XI di SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Tsabita Fitria A.S (17204163020) jurusan tadris matematika, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Kemampuan Koneksi matematis, Hasil Belajar. Kecemasan matematika merupakan reaksi negatif dari emosional berupa perasaan takut, khawatir, dan tegang ketika berkaitan dengan menyelesaikan masalah matematika. Kecemasan dapat meningkat, bersifat subjektif pada setiap individu, dan mempengaruhi sulit atau tidaknya pemahaman. Kurangnya pemahaman dapat mengakibatkan rendahnya kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sulit, sehingga siswa merasa tidak mampu menguasai matematika. Pemikiran tersebut dapat menimbulkan kecemasan-kecemasan lainnya tentang matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui adanya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi trigonometri siswa kelas XI (2) mengetahui adanya pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar pada materi trigonometri siswa kelas XI (3) mengetahui adanya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar pada materi trigonometri siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Lokasi penelitian adalah SMAN 1 Campurdarat. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes tulis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian ini yaitu (1) ada pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi trigonometri siswa kelas XI (2) ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar pada materi trigonometri siswa kelas XI (3) ada pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar pada materi trigonometri siswa kelas XI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163020 Tsabita Fitria A.S
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:46
Last Modified: 29 Apr 2021 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item