META-ANALISIS EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH

SYAFIATUZ ZAHRO, 17208163011 and NANANG PURWANTO M.Pd, 2027128701 (2021) META-ANALISIS EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH. [ Skripsi ]

[img] Text
META-ANALISIS EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah siswa berdasarkan jenjang pendidikan, materi pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Penelitian ini diperoleh dari 7 jurnal ilmiah nasional. Berdasarkan hasil yang diperoleh berdasarkan jenjang pendidikan, model PBL efektif digunakan pada jenjang SMA maupun SMP. Berdasarkan materi pembelajaran, model PBL untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah. Berdasarkan materi pembelajaran, model PBL lebih efektif menggunakan materi sistem pernapasan manusia untuk kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah. Kemudian berdasarkan bahan ajar seluruh bahan ajar efektif jika menggunakan model PBL untuk berfikir kritis maupun sikap ilmiah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163011 SYAFIATUZ ZAHRO
Date Deposited: 15 Mar 2021 07:48
Last Modified: 15 Mar 2021 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19209

Actions (login required)

View Item View Item