ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINIER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

RISKY ARMANZA, 17204163292 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINIER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami konsep dan prosedur dalam melakukan penyelesaian masalah yang ada. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan konseptal dan prosedural siswa adalah tipe kepribadian yang dimiliki siswa. Tipe kepribadian tersebut digolongkan menjadi tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Kepribadian extrovert merupakan tipe kepribadian yang cenderung mengarahkan kepribadiannya ke luar dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada di luar dirinya. Sedangkan kepribadian introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung menarik diri dari interaksi sosial dan lebih mengarah kepada pikiran dan pengalamannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan dengan tipe kepribadian Ekstrovert dalam menyelesaikan soal cerita program linier kelas IX MA At-Thohiriyah Ngantru. (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dengan dengan tipe kepribadian Introvert dalam menyelesaikan soal cerita program linier kelas IX MA At-Thohiriyah Ngantru Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari 2 siswa kelas XI.A dengan tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa kelas XI.A dengan tipe kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepribadian, tes soal, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan tipe kepribadian extrovert mampu memenuhi semua indikator dari pemahaman konseptual dan prosedural, (2) Siswa dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi indikator pemahaman Prosedural dengan baik akan tetapi tidak dengan indikator Pemahaman konseptual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163292 Risky Armanza
Date Deposited: 12 Apr 2021 01:23
Last Modified: 12 Apr 2021 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

View Item View Item