M. MIFTAH ARIF, NIM. 12506174042 (2019) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL (Studi Multisitus di SMA Negeri 2 Kediri dan SMA Negeri 2 Jombang). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (727kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural (Studi Multisitus di SMA Negeri 2 Kediri dan SMA Negeri 2 Jombang)” ini ditulis oleh M. Miftah Arif, dosen pembimbing Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Desain, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang kontras terhadap perwujudan dari lembaga pendidikan yang kurang memberlakukan manusia sebagaimana mestinya. Manusia sebagai sumber pokok utama dalam berlangsungnya proses belajar yang semestinya mendapatkan perlakuan yang sama antar sesama serta mendapatkan hak dan kewajiban yang sama tanpa harus membeda-bedakan satu sama lain. Hal ini mengutamakan adanya sikap kebebasan dan persamaan yang merupakan pondasi dari demokrasi, serta sikap persaudaraan yang merupakan pondasi dari humanitas yang menciptakan manusia untuk menghargai sesamanya tanpa membedakan perbedaan yang ada. Fokus masalah dari penelitian ini adalah tentang desain pendidikan agama Islam berbasis multikultural, metode pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural, serta implikasi metode pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural. Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 2 Kediri dan SMA Negeri 2 Jombang. Jenis penelitiannya adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa, Penerapan pendidikan agama Islam berbasis multikultural bisa dilakukan dengan cara mendesain pembelajarannya yang mana terlebih dahulu mengetahui sebab atau seberapa pentingnya pendidikan multikultural diterapkan di sekolah. Ketika mendesain pembelajaran harus mempersiapkan RPP, materi dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Dalam mendesain pendidikan agama Islam berbasis multikultural harus sejalan dengan kurikulum yang berlaku. Pendidikan agama Islam berbasis multikultural bisa diterapkan oleh guru dikelas. Ketika menyampaikan materi bisa menggunakan beberapa metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang paling sering digunakan adalah metode ceramah sedangkan metode khusus yang diterapkan untuk materi sikap toleransi bisa menggunakan metode metode sosiodrama dan metode debat.Dampak yang paling terlihat ketika Pendidikan agama Islam berbasis multikultural diterapkan disekolah adalah munculnya sikap toleran. Wujud toleransi tersebut antara lain: a) Toleransi beragama dalam pergaulan sehari-hari; b) Tidak boleh menggangu umat beragama lain saat belajar maupun saat beribadah; c) Terjalin hubungan harmonis antar umat beragama; d) Terciptanya suasana belajar yang nyaman dan kondusif; e) Toleransi yang tinggi; f) Kerjasama antar umat beragama.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174042 M. MIFTAH ARIF |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 03:15 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19274 |
Actions (login required)
View Item |