STRATEGI GURU DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI MEDIA UJIAN AKHIR SEKOLAH SEMESTER PADA PRESTASI BELAJAR SISWA di MI NASYATUT THOLIBIN KEC. GARUM KAB. BLITAR

RISDATUL ASROFIN NURIYAH, 17205163314 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI MEDIA UJIAN AKHIR SEKOLAH SEMESTER PADA PRESTASI BELAJAR SISWA di MI NASYATUT THOLIBIN KEC. GARUM KAB. BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “Strategi Guru Dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Sebagai Media Ujian Akhir Sekolah Semester Pada Prestasi Belajar Siswa di MI Nasyatut Tholibin Kec. Garum Kab. Blitar” ini ditulis oleh Risdatul Asrofin Nuriyah (17205163314) dan di bimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci : Penggunaan Gadget, Dampak Negatif, Strategi Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa perkembangan zaman dan maraknya alat teknologi yang sangat canggih yang dinamakan gadget di aplikasikan dalam dunia pendidikan. Hal ini seperti yang dilakukan pada MI Nasyatut Tholibin untuk ujian akhir sekolah semester pada siswa kelas 4 dan 5. Berkaitan dengan penggunaannya muncul berbagai dampak, baik dampak negatif maupun dampak positif dalam menggunakan gadget. Selain itu penggunaan gadget tersebut sudah di analisis dengan berbagai pertimbangan dari lembaga-lembaga yang lain yang sudah melaksanakan Ujian Akhir Sekolah yang berbasis CBT-K3MI. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menanggulangi dampak negatif penggunaan gadget sebagai media Ujian Akhir Sekolah. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana bentuk penggunaan gadget sebagai media ujian akhir sekolah semester pada prestasi belajar siswa di MI Nasyatut Tholibin Kec. Garum Kab. Blitar? 2) Bagaimana dampak negatif penggunaan gadget sebagai media ujian akhir sekolah semester pada prestasi belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik di MI Nasyatut Tholibin Kec. Garum Kab. Blitar? 3) Bagaimana strategi guru dalam menanggulangi dampak negatif penggunaan gadget sebagai media ujian akhir sekolah semester pada prestasi belajar siswa di MI Nasyatut Tholibin Kec. Garum Kab. Blitar? Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus yang secara deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (didapatkan dari guru, kepala sekolah, dan siswa) dan sumber data sekunder (didapatkan dari catatan berkas, file, dan dokumentasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data hanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian adalah : 1) Penggunaan gadget disini dilakukan hanya pada saat ujian, gadget harus tersambung wifi sekolah, dan mempunyai server CBT-K3MI. 2) Untuk dampak negatif dalam ranah kognitif yaitu banyak yang tidak belajar dan menyepelekan. Dampak negatif dalam ranah afektif yaitu waktu istirahat anak-anak menggunakan gadget untuk bermain game dan hal yang lain. Dampak negatif psikomotorik yaitu anak-anak cenderung penasaran bahkan inginselalu mengetahui prestasinya. 3) strategi yang digunakan hanya sederhana tetapi mampu membuat anak-anak mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan. Strategi yang digunakan yaitu menyita gadget sebelum masuk kelas dan istirahat, mengecek keadaan gadget, dan memantau kegiatan belajar anak, baik dirumah maupun di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163314 RISDATUL ASROFIN NURIYAH
Date Deposited: 05 Apr 2021 08:43
Last Modified: 29 Apr 2021 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19287

Actions (login required)

View Item View Item