PERAN APLIKASI E-COURT DI PENGADILAN AGAMA DALAM MEWUJUDKAN ASAS PERADILAN YANG SEDERHANA, CEPAT, DAN BIAYA RINGAN (Studi Kasus di Pengadilan Agama Tulungagung)

ANA NURHAYATI, 17102163073 (2020) PERAN APLIKASI E-COURT DI PENGADILAN AGAMA DALAM MEWUJUDKAN ASAS PERADILAN YANG SEDERHANA, CEPAT, DAN BIAYA RINGAN (Studi Kasus di Pengadilan Agama Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Aplikasi E-Court Di Pengadilan Agama Dalam Mewujudkan Asas Peradilan Yang Sederhana, Cepat, dan Biaya Ringan (Studi Kasus di Pengadilan Agama Tulungagung)”, ini ditulis oleh Ana Nurhayati, NIM.17102163073, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Zulfatun Ni‟mah,S.H.,M.Hum. Kata Kunci : Aplikasi E-Court, Murah, Cepat, Sederhana, Pengadilan Agama Tulungagung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya layanan yang baru berbasis internet di Pengadilan Agama Tulungagung, yaitu aplikasi E-Court yang dimaksudkan untuk mewujudkan salah satu asas peradilan yaitu sederhana, cepat, dan biaya ringan. Peneliti dalam hal ini bermaksud melihat fakta di lapangan yaitu di Pengadilan Agama Tulungagung, apakah aplikasi E-Court tersebut berperan dalam mewujudkan asas peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan, mengingat kemampuan masyarakat dalam mengakses internet berbeda-beda. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan layanan E Court di Pengadilan Agama Tulungagung ? (2) Apakah kendala yang muncul dalam penggunaan E-Court di Pengadilan Agama Tulungagung ? (3) Bagaimana peran aplikasi E-Court di Pengadilan Agama Tulungagung dalam mewujudkan asas peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan ? Dalam penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan peneliti dimulai dari penyusunan data, pengolahan data, mengorganisasi data, dan menemukan hal-hal yang penting yang berhubungan dengan E-Court. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Layanan E-Court di Pengadilan Agama Tulungagung diterapkan melalui https://ecourt.mahkamahagung.go.id yang berfungsi untuk mendaftarkan perkara, pemanggilan para pihak, pembayaran, dan persidangan secara elektronik (2) Kendala yang dihadapi Pengadilan Agama Tulungagung dalam penyelenggaraan E-Court adalah kurangnya tenaga kerja yang menangani E-Court yang dapat bekerja di luar jam kerja, serta lemahnya sosialisasi menjadikan layanan E-Court belum berjalan maksimal (3) Dalam mewujudkan asas peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, aplikasi E-court menyumbang peran berupa pengurangan biaya perkara, biaya transportasi, tenaga dan waktu sidang bagi perkara-perkara yang tidak dikuasakan kepada advokat, namun dalam perkara yang dikuasakan kepada advokat baru dapat mewujudkan asas sederhana, cepat karena para advokat tetap menyamakan tarif untuk jasa berperkara manual ataupun melalui E Court, sehingga biaya yang pencari keadilan tidak berkurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 17102163073 ANA NURHAYATI
Date Deposited: 12 Apr 2021 00:51
Last Modified: 12 Apr 2021 00:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19312

Actions (login required)

View Item View Item