EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MALADAPTIF SISWA DI MTS PAKEL TULUNGAGUNG

SITI ERIKA DAHMAYANTI, 12306173013 (2021) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MALADAPTIF SISWA DI MTS PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MALADAPTIF SISWA DI MTS PAKEL TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik self management dalam mereduksi perilaku maladaptif siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one group pre-test post-test design. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Pakel Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Pakel Tulungagung yang berjumlah 31 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 siswa yang terdapat perilaku maladaptif tinggi. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-test dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap perubahan perilaku siswa yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Dari hasil perhitungan uji paired sample t-test didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H a diterima dan H 0 ditolak, artinya bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat mereduksi perilaku maladaptif siswa di MTs Pakel Tulungagung. Kata Kunci : Perilaku Maladaptif, Teknik Self Management, Siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 12306173013 SITI ERIKA DAHMAYANTI
Date Deposited: 18 May 2021 05:55
Last Modified: 18 May 2021 05:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item View Item