INTAN AYUNITA WULANDARI, 17205163065 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (726kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Ayunita Wulandari NIM 17205163065, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik Era globalisasi saat ini sering dijumpai pendidik masih kurang memunculkan kreativitasnya dalam proses pembelaajaran. Kurangnya penguasaan tekhnologi dan pengetahuan dan juga inovasi sehingga kreativitas pendidik kurang efektif. Ketika melakukan proses pembelajaran adalah tingkat motivasi belajar peserta didik yang semakin lama semakin menurun. Tetapi keadaan di Indonesia saat ini membuat peserta didik semakin sulit untuk meningkatkan motivasi belajarnya karena mereka harus belajar di rumah tanpa bertatap muka langsung denga pendidik. Terutama pembelajaran tematik yang sedikit rumit karena semua mata pelajaran dijadikan satu dan banyak sekali yang harus dipelajari. Maka sudah seharusnya kreativitas pendidik diperlukan terutama dalam melakukan metode, menggunakan media dan melakukan penilaian untuk meningkatkan motivasi peserta didik untuk terus belajar. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah:(1)Bagaimana kreativitas guru menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?(2) Bagaimana kreativitas guru menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?(3) Bagaimana kreativitas guru menggunakan penilaian dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah people, paper, place. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode demonstrasi, metode eksperimen, dan metode pemberian tugas. Media pembelajaran yang digunakan berupa media video, audio dan juga gambar sesuai dengan materi yang disampaikan. Penilaian yang digunakan adalah penilaian formatif berupa praktek dan penugasan serta penilaian sumatif berupa penilaian akhir semester melalui CBT.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163065 INTAN AYUNITA WULANDARI |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 02:54 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19404 |
Actions (login required)
View Item |