YOLANDA ADELLIA, 12310173038 (2021) IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI CIPP PADA PELAKSANAAN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR TBM LESHUTAMA ERA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
Text
IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI CIPP PADA PELAKSANAAN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR TBM LESHUTAMA ERA PANDEMI COVID-19.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Awal tahun 2020 pemerintah Indonesia membuat kebijakan baru terkait sistem pembelajaran di era pademi covid19, yang mulanya tatap muka menjadi sistem daring. Hal tersebut menimbulkan kendala dalam proses belajar seperti perlunya bimbingan dan fasilitas penunjang belajar. Penelitian ini bermaksud mengevaluasi pelaksanaan program kelompok belajar yang diselenggarakan TBM Leshutama selama pandemi covid-19 berdasarkan model evaluasi CIPP. Model evaluasi CIPP berfokus pada 4 komponen; 1) evaluasi konteks 2) evaluasi masukan 3) evaluasi proses 4) evaluasi hasil. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dan studi literatur, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan, berdasarkan; 1) evaluasi konteks, berjalan sesuai harapan. Pengelola menjadi fasilitator dan moderator dalam pelaksanaan program kelompok belajar. 2) evaluasi masukan, pengelola termudahkan dalam pengambilan keputusan terkait perbaikan pelaksanaan program melalui feedback dari pengguna TBM Leshutama 3) evaluasi proses, terdapat kendala dalam penerapan protokol kesehatan, pengguna sering lalai untuk menerapkan gerakan 3 M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak. 4) evaluasi hasil, menjelaskan kegiatan kelompok belajar di TBM Leshutama di era pandemi dapat dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci; Program Kelompok Belajar, Medel Evaluasi CIPP, Covid-19, TBM Leshutama
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Jurnal Komunikasi Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | S1 12310173038 YOLANDA ADELLIA |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 03:01 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19507 |
Actions (login required)
View Item |