Eni Setyowati, 197605062006042002 and Ayu Renita, 17208153005 and Arbaul Fauziah, 0 and NANANG PURWANTO M.Pd, 2027128701 (2020) HASIL PEER REVOEW "PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TUMBUHAN PAKU SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI". Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7 (1). pp. 1-6. ISSN 2406 – 8659
|
Text
Peer Review Pengembangan Ensiklopedia.pdf Download (876kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia tumbuhan paku sekaligus mengetahui tingkat validitasnya. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan dosen biodiversitas masing-masing diperoleh persentase sebesar 83% (sangat valid), 77% (valid), dan 97% (sangat valid). Hasil uji coba lapangan (pre test dan post test) dianalisis menggunakan uji-t (t-test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Sementara respon siswa terhadap efektivitas ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar diperoleh persentase sebesar 86,50%. Dengan demikian, ensiklopedia tumbuhan paku dapat diimplementasikan sebagai sumber belajar tambahan pada materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Dr. - Eni Setyowati, S.Pd.,MM. |
Date Deposited: | 20 Jun 2021 14:30 |
Last Modified: | 20 Jun 2021 14:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19537 |
Actions (login required)
View Item |