Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Huda, Yadhik Mutfiha (2014) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Materi Energi dan Penggunaannya) pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
YADHIK MUFTIHA HUDA (3217103095).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Alam kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ada beberapa metode pemebelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah Metode Eksperimen, yaitu suatu metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreativitas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengunakan pembelajaran metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat benda cair pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik xix mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 66,40 (68%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 80,40 (88%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 20. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan penggunaannya siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. xx

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2014 03:49
Last Modified: 01 Dec 2014 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item