UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR

YUNI ARIZA ILMA, 17209163033 (2020) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Pembentukan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Yuni Ariza Ilma, NIM. 17209163033, Dosen Pembimbing Drs. Jani, M.Pd Kata Kunci : Karakter, Etika, Budaya Sekolah Penelitian ini dilator belakangi oleh adanya tingkat keramahan sopan santun dan tanggung jawab di Indonesia yang mengalami penurunan, di tingkat sekolah. Hal ini dilihat dari generasi muda atau remaja yang cenderung kehilangan etika sopan santun dan tanggung jawab terhadap teman sebaya, orang yang lebih tua, guru, bahkan terhadap orang tua. Terdapat siswa yang kurang memiliki adab kepada gurunya, guru diangagap sebagai teman sebayanya serta kurangnya adab kesopanan mereka. Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik pada satu permasalahan yang terjadi di SMPN 2 Kademangan, sehingga peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan judul tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya pembentukan karakter sopan santun melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar, (2) Bagaimana upaya pembentukan karakter tanggung jawab melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar, (3) Bagaimana hambatan dalam pembentukan karakter sopan santun dan tanggung jawab melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya pembentukan karakter sopan santun melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan upaya pembentukan karakter tanggung jawab melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan hambatan dalam pembentukan karakter sopan santun dan tanggung jawab melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif.. Lokasi penelitiannya di UPT SMP Negeri 2 Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, data display, dan verifikasi/ penyimpulan data. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Upaya pembentukan karakter sopan santun melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar dengan cara pembiasaan sikap melalui kegiatan berjabat tangan antara peserta didik dengan guru sebelum masuk gerbang sekolah setiap hari, mengucapkan salam ketika akan memulai pelajaran dan memberi hormat kepada guru, ketika bertemu guru berjabat tangan dan mengucapkan salam. (2) Upaya pembentukan karakter tanggung jawab melalui budaya sekolah di SMPN 2 Kademangan Blitar dengan cara Guru memberikan contoh yang baik kepada peserta didik dengan melakukan tugasnya dan tanggung jawabnya dengan baik, setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai peserta didik yang mendapatkan tugas piket kelas menyapu dan membersihkan papan tulis, bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (3) Hambatan dalam upaya pembentukan karakter sopan santun dan tanggung jawab melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar yaitu perbedaan karakter peserta didik, perbedaan latar belakang peserta didik, keadaan lingkungan yang kurang kondusif, pengaruh lingkungan masyarakat, kurang pemanfaatan sarana dan prasarana, kurang tegasnya sanksi yang ada disekolah, pengaruh media massa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163033 YUNI ARIZA ILMA
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:57
Last Modified: 09 Jun 2021 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19629

Actions (login required)

View Item View Item