FITRIA ANITA FIRDAUS, 12306173036 (2021) PENERAPAN KONSELING REBT TEKNIK REFRAMING UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BKI DI IAIN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Pengaruh Konseling REBT Teknik Reframing Untuk Mengurangi Stres Akademik Pada Mahasiswa BKI Di IAIN Tulungagung.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifias teknik reframing dalam mengurangi stres akademik mahasiswa. Stres akademik menunjukkan kondisi psikis mahasiswa yang mengalami kurangnya konsentrasi berfikir sehingga menghambat proses peningkatan produktifitas akademik mahasisswa. Konseling REBT dengan teknik reframing berperan penting dalam tujuan pencapaian untuk mengurangi kondisi stres akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal dalam bentuk single subject research dengan rancangan A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu subjek yang teridentifikasi mengalami kondisi stres akademik dengan skor nilai yaitu 312 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada fase baseline 1 (A) subjek masih berada pada kondisi stress akademik, fase intervensi (B) subjek berada pada kondisi yang sudah stabil atau lebih membaik, dan fase baseline 2 (A) subjek sudah menunjukkan perbedaan yaitu kondisi subjek semakin membaik dan kembali seperti semula. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari sebelum diberikan intervensi dengan setelah diberikan intervensi menggunakan konseling REBT teknik reframing untuk mengurangi stres akademik mahasiswa. Kata Kunci : Stres Akademik, Konseling REBT, Teknik Reframing, Mahasiswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 12306173036 Fitria Anita Firdaus |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 05:49 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 05:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19684 |
Actions (login required)
View Item |