STRATEGI KEMITRAAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN USAHA PETERNAK BEBEK PETELUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Usaha Dagang Shifa Armada Kediri)

LAILI NAZILATUL ROHMAH, 17402163055 (2021) STRATEGI KEMITRAAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN USAHA PETERNAK BEBEK PETELUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Usaha Dagang Shifa Armada Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi, “Strategi Kemitraan untuk Meningkatkan Perekonomian Usaha Peternak Bebek Petelur dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Usaha Dagang Shifa Armada Kediri)” ditulis oleh Laili Nazilatul Rohmah, NIM 17402163055, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2021. Pembimbing: Bapak Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh terbatasnya permodalan para pelaku usaha peternakan bebek petelur dalam menjalankan usahanya, sehingga membutuhkan manajemen strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan adanya kemitraan dengan perusahaan besar seperti Usaha Dagang Shifa Armada dapat membantu peternak untuk meningkatkan perekonomian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi kemitraan yang diterapkan Usaha Dagang Shifa Armada untuk meningkatkan perekonomian peternak bebek petelur ? (2) Bagaimana pola kemitraan pada Usaha Dagang Shifa Armada dalam perspektif Ekonomi Islam ?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Usaha Dagang Shifa Armada dalam meningkatkan perekonomian peternak bebek petelur menggunakan perencanaan strategi kemitraan. Kemitraan yang digunakan Usaha Dagang Shifa Armada adalah pola dagang umum. Dalam pola kemitraan ini seperti menjual dan membeli, dimana Usaha Dagang Shifa Armada memberikan suplai pakan sedangkan para peternak menjual telur produksinya sebagai alat pembayarannya. (2) Pola kemitraan Usaha Dagang Shifa Armada dalam perspektif ekonomi Islam yaitu dengan terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan yang berdasarkan kepercayaan, kejujuran, dan keadilan dalam mengalokasikan hasil dari pihak peternak maupun dari Usaha Dagang Shifa Armada dalam mensuplai pakan ternak. Dalam Islam hubungan jual beli seperti pola dagang umum tersebut diperbolehkan karena tidak adanya ketentuan pembayaran menggunakan uang melainkan dapat dilakukan menggunakan barter dengan ketentuan jika barangnya sejenis maka nilai harga, kualitas, dan kuantitas harus sama, tetapi jika barangnya tidak sejenis maka nilai harga, kualiatas, dan kuantitas boleh berbeda Kata Kunci: Strategi Kemitraan, Peningkatan Perekonomian, Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163055 LAILI NAZILATUL ROHMAH
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:15
Last Modified: 15 Jun 2021 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19691

Actions (login required)

View Item View Item